MALAKA, metro7.co.id – Sesuai surat edaran dari menteri sekretaris negara republik indoensia no, B-492/M sesneg/set/Tu.00.04/07/2020, tentang pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun 2020. Maka panitia pelaksanaan Kabupaten malaka mulai mempersiapkan diri dengan rangkain kegiatan seperti, latihan upacara pengibaran bendara sang saka merah putih oleh petugas dan pemasangan dekorasi peserta VIP di panggung upacara.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Panitia Pelaksanaan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020, Rokus Funai Seran ketika ditemui awak media di sela-sela latihan upacara peringatan HUT RI di Panggung Lapangan Umum Betun, kemarin.

“Untuk kegiatan latihan upacara menjelang peringatan dilakukan oleh, petugas dari personil kepolisian, TNI, Sat Pol PP dan Paskibraka serta koor lagu kebangsaan dari SMAN Harekakae, akan kita lakukan selama 2 hari sejak hari ini 13-14 untuk geladi kotornya dan geladi bersih akan dilakukan pada tanggal 15 Agustus nanti,” ucap Kabag Pemerintahan Kabupaten Malaka ini.

Selain di ibu kota Kabupaten Malaka, kegiatan memperingati HUT kemerdekaan juga diselenggarakan di 11 kecamatan, minus kecamatan Malaka Tengah yang notabenenya adalah Kecamatan Kota.

Dengan konsep upacara yang sederhana ini, maka peserta upacara dibatasi dan tidak ada undangan bagi masyarakat.

“Namun niat kita Pemerintah Kabupaten Malaka dan masyarakat diharapkan senantiasa tetap memiliki spirit nasionalis akan perjuangan kemerdekaan yang sudah diletakan oleh para pejuang kemerdekaan. sehingga diharapkan agar kita baik pemerintah dan masyarakat,  tetap mengobarkan api semangat memperingati HUT kemerdekaan dengan tagline Indonesia maju ditengah resesi pandemi covid-19,” imbuhnya. *