MALAKA, metro7.co.id – Pemerintah Desa Lotas, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, NTT, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II bulan ke-6 bagi 17 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pemdes Lotas bersama Badan Permusyawaran Desa (BPD) Lotas dan tokoh masyarakat setempat memutuskan jumlah KPM tersebut. Jumlah penduduk di Desa Lotas sendiri ada 134 Kepala Keluarga (KK). BLT diambil dari alokasi Dana Desa sebesar 25 persen dari pagu anggaran sebesar Rp 800 juta.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Kepala Desa Lotas, Rochus Gonzales Funai Seran melalui sambungan telefon pada Rabu (11/11/2020). “134 KK yang berdomisili di wilayah Desa Lotas sebagian sudah diakomodir di bantuan sosial lainnya seperti PKH, BPNT, BST, dan bantuan sosial tunai provinsi,” ujarnya.

Ditambahkan Rochus, selain BLT, Dana Desa juga dialokasikan pihaknya untuk pembangunan fisik. Alasannya, anggaran masih bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan fisik.

“Untuk saat ini kita pos anggaran fisik untuk delapan buah rumah permanen,” katanya.

Delapan rumah permanen itu, kata Rochus lagi, tiga buah rumah progres pengerjaan fisiknya sudah mencapai 90 persen. “Satu buah rumah 50 persen dan sisa empat buah masih nol persen. Empat buah rumah yang belum dibangun menanti pencairan dana tahap tiga,” terangnya.

Rochus mengimbau pada 17 KPM BLT untuk memanfaatkan uang bantuan sebesat Rp 300 ribu itu untuk menunjang daya beli di tengah pandemi.