MALAKA, metro7.co.id – Pemerintah Desa Kletek Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) dari Dana Desa (DD) untuk tahap dua bulan kelima kepada 111 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal ini diungkapkan penjabat Desa Kletek Martinus Seran Berek ketika diwawancarai metro7.co.id di sela-sela penyaluran BLT-DD, Rabu (14/10/2020).

Martinus Seran lebih lanjut menjelaskan bahwa mengenai data penerima manfaat di Desa Kletek sejak awal bergulirnya BLT-DD, yakni dari tahap satu bulan pertama sampai bulan ketiga hingga tahap dua bulan kelima ini, data KPM BLT-DD tidak berubah yakni 111 KPM.

Ia menegaskan bahwa dari 600 lebih  KK yang berdomisili di Desa Kletek, lewat musyawarah dusun dan desa maka merujuk pada musyawarah tersebut, kita tetapkan 111 KPM BLT-DD. “Tentunya berdasarkan pada Pagu Anggaran Dana Desa Kletek sebesar 25 % dari akumulasi Dana Desa yakni Rp 700 ratusan juta lebih,” tuturnya.

Dari 600 lebih KK itu otomatis yang lain sudah di PKH dan Bantuan Sosial Tunai ( BST ) dan juga Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ).

Martinus menjelaskan bahwa setelah tahap satu 3 bulan pertama dengan nominal Rp 600 ribu per bulan untuk setiap KPM, namun masuk di tahap kedua ada perubahan APB-DES untuk tahap dua bulan 4 sampai dengan bulan 6 dengan nominal Rp 300 ribu per KMP.

“Dalam perubahan APB-DES kita mau masukan juga fisik lewat skema padat karya tunai, namun karna edaran baru dari Kementrian Desa untuk BLT akan berlanjut sampai dengan Bulan Desember, sehingga dibatalkan dan semua dana dialihkan ke BLT saja,” ungkapnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat yang hari ini menerima BLT, sebisa mungkin dapat memanfaatkan uang Rp 300 ribu untuk kebutuhan rumah tangga. “Sebab uang yang diberikan pemerintah lewat Dana Desa untuk membantu kita, karna kita dirumahkan oleh karena virus covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia,” imbuhnya.