MAYBRAT, metro7.co.id – Gabungan puluhan anggota TNI Polri yang terdiri dari satuan Polres Maybrat dan Polsek Aifat bersama satuan anggota dari Koramil Aifat dan anggota personel persiapan Kodim Maybrat terpantau bersinergi menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan membersihkan sampah di sekitaran Ibukota Maybrat di kumurkek pada, Jumat (25/9/20).

Pantuan media ini, sekiranya pukul 8:00 WIT para anggota TNI Polri dipimipin Kapolres Maybrat Kompol Bernadus Okoka sebelumnya melakukan aba-aba sejenak dengan melibatkan sedikitnya puluhan sopir angkutan umum Maybrat Sorong di pangkalan Kumurkek guna dilakukan arahan singkat sebelum aksi bersih-bersih sampah.

Pembersihan mulai dilakukan dari halaman Kantor Bupati dan selanjutnya menuju ruas jalan utama sampai finis di ujung Kampung Kumurkek.

Karena melihat aksi sosil peduli lingkungan yang digelar TNI POLRI itu, beberapa warga setempat pun langsung terlihat berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Kapolres Maybrat Kompol Bernadus Okoka saat ditemui usai giat pembersihan sampah menjelaskan bahwa, karena negara Indonesia saat ini tengah dilanda pandemi Covid 19, maka kebersihan lingkungan setempat sudah harus menjadi hal yang prioritas di jaga dan diperhatikan bersama segenap masyarakat terutama warga di Ibukota Maybrat di Kumurkek agar tetap bersih.

“Kami melihat ada sampah yang hampir berserakan di Ibukota Maybrat ini, selain itu juga negara kita saat ini dilanda wabah pandemi korona, sehingga kita perlu jaga kebersihan bersama, oleh karena itu kami TNI Polri bersinergi dengan melibatkan sopir angkot bersihkan sampah dengan harapan wajah ibukota ini selalu bersih,” ungkap Kapolres.

Menurut Kapolres, aksi peduli lingkungan yang dilaksanakan merupakan bagian dari tanggungjawab sosial terhadap warga karena pihaknya berada langsung bersama masyarakat di ibukota, oleh karenanya, kata Okoka kegiatan tersebut amat sangat penting dan itu mutlak untuk diperhatikan secara bersama-sama.

“Jadi kami juga menghimbau kepada masyarakat yang ada, jangan membuang sampah disembarang tempat, karena Kumurkek sebagai Ibukota Kabupaten Maybrat, jadi mari kita sama-sama bertanggung jawab untuk kebersihan agar ibukota kita selalu bersih,” harap Kapolres. *