MUARADUA, metro7.co.id – Guna memastikan kelancaran dan keamanan jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Rabu (14/2).

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melakukan monitoring ataupun pemantauan jalannya proses tersebut di seluruh Kecamatan di Bumi Serasan Seandanan.

Monitoring ini dipimpin langsung oleh Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo didampingi Wakil Bupati  melakukan monitoring langsung ke Kecamatan Buay Rawan, BPR Ranau Tengah dan Kecamatan Banding Agung.

Selain itu, monitoring juga dilakukan oleh jajaran Pemkab OKU Selatan ke TPS-TPS di Desa-desa lainnya dengan dilakukan pembagian tim yang terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab OKU Selatan.

Bupati Popo Ali Martopo menerangkan, bahwa secara umum proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Serentak di Kabupaten OKU Selatan berjalan lancar, aman, nyaman dan kondusif.

“Selain itu, pada hari Pemilihan ini sejumlah Wilayah di Kabupaten OKU Selatan dilanda hujan dengan intensitas ringan sehingga hal ini semakin menyejukkan suasana Pemilihan di Kabupaten OKU Selatan,” jelasnya.

Bupati OKU Selatan dua periode ini berharap agar proses pemilihan dan penghitungan suara Pemilu 2024 ini dapat berjalan lancar, aman, kondusif dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih jauh, Bupati Popo Ali juga mengajak Masyarakat untuk berdoa agar Pemilu ini menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang terbaik, yang dapat memberikan manfaat baik bagi Masyarakat, daerah dan negara.

Selain itu, Bupati Popo Ali juga mengimbau agar pasca Pemilu ini para pendukung bahkan para kontestan pesta demokrasi ini dapat senantiasa menjaga kekondusifan wilayah dan tidak mudah terprofokasi terhadap isu-isu yang dapat memecahbelah persatuan.

Bupati juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada petugas baik dari KPU, Bawaslu hingga aparat keamanan yang telah melaksanakan tugas dengan begitu baik.

“Terima kasih atas dedikasi dan semua yang telah dilakukan dalam mensukseskan pemilu serentak tahun 2024 ini. Semoga ini menjadi amal kebaikan untuk semuanya, dan selalu diberikan kesehatan, baik dalam menjalankan tugas maupun setelahnya nanti,” ungkapnya.

Terpisah, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Amroelian Thoni, didampingi Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfo OKU Selatan yang melakukan monitoring ke Kecamatan Buay Sandang Aji mengungkapkan bahwa proses pemungutan suara di wilayah Kecamatan Buay Sandang Aji berjalan lancar dan kondusif.

Dilanjutkannya juga bahwa pada proses pemungutan suara berlangsung, sejumlah wilayah di Kecamatan Buay Sandang Aji dilanda hujan dengan intensitas ringan. Ia juga berharap agar kekondusifan wilayah ini juga dapat terus berjalan hingga proses penghitungan dan pasca pemilihan ini.