NIAS, metro7.co.id – Beberapa petani di Desa Soewe  mengalami padinya yang hendak panen roboh akibat hujan deras disertai angin yang terjadi hampir setiap hari dalam beberapa minggu ini. Akibat kondisi tersebut dikawatirkan tanaman mereka rawan gagal panen, Sabtu (08/08/20).

Padi yang roboh di areal persawahan Lingkungan Dusun I Desa Soewe, Kecamatan Gido Kabupaten Nias masih beruntung, tidak semua padi yang ditanam di sawah tersebut ambruk.

Foto : Petani Di Dusun Satu Desa Seowe (Yuniziduhu Waruwu). (Laoli / Metro7)

Yuniziduhu Waruwu, salah seorang petani di Desa Soewe Kecamatan Gido Kabupaten Nias terlihat berusaha mengikat batang padinya yang roboh akibat hujan dan angin malam hari Sabtu. Walau hanya sebagian padinya yang ambruk, dia tetap berharap bisa panen dengan hasil maksimal.

Lebih lanjut Yuniziduhu memaparkan bahwa keadaan seperti ini berpengaruh terhadap masa panen dan produksi, maka efeknya juga bakal dirasakan oleh sebagian besar masyarakat petani Desa Soewe,” paparnya.

Dalam peristiwa tersebut, bukan hanya sawah Yuniziduhu yang kena dampak hujan deras dan angin kencang, sawah sekitarnya juga begitu. Padi-padi yang mulai menguning terlihat roboh dan air menggenangi persawahan. ***