TAPANULI SELATAN, metro7.co.id – Pembukaan Sinode Am Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA) tahun 2021 berlangsung hikmat di aula kantor Pusat GKPA,pada Kamis (6/10/2021).

Dalam Laporannya,Ketua Umum Panitia Sinode Am GKPA ke XXI tahun 2021, Pdt Ramos Simanjuntak mengatakan, bahwa Pelaksanaan Synode Am GKPA Ke XXI seharusnya pada bulan Juli Lalu,namun atas kesadaran akan ancaman wabah covid 19,Majelis Pusat GKPA memutuskan untuk menunda pelaksanaan Synode demi kepentingan bersama, hingga pada akhirnya dapat kita laksanakan hari ini,

Saat ini kita akan langsungkan Synode Am Periode dengan tugas Untuk menilai dan menerima pertanggung jawaban pucuk pimpinan dan majelis pusat GKPA Periode 2016-2021, Menetapkan Rencana Strategis (Restra) yang merupakan Garis Garis Besar Kebijakan Umum (GBKU)GKPA sebagai pedoman dalam menyusun program kerja nantinya, serta memilih dan menetapkan Pucuk Pimpinan GKPA, Praese,dan anggota Majelis Pusat untuk periode berikutnya, Jelas Pdt.Ramos

Sementara, Ephorus GKPA,.Pdt.Togar Simatupang dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan Synode Am ke XXI tahun 2021,menyampaikan bahwa kegiatan Synode ini adalah merupakan pesta Rohani Akbar bagi seluruh GKPA yang ada di Nusantara,katanya.

Menurut, Ephorus, Selain untuk evaluasi pelayanan pada kepemimpinan 2016-2021,Synode ini sangat penting karena akan menetapkan Restra pelayanan selama lima tahun kedepan. Kata Pdt.Togar Simatupang.

Dalam suasana Pembukaan tersebut, Pucuk Pimpinan GKPA ini tidak lupa mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 160 kepada seluruh Jemaat Huria Kristen Batak Protestan(HKBP) yang secara kebetulan berketepatan pada hari ini, Kamis yang 7/10 dan disambut dengan suka cita oleh pucuk pimpinan HKBP, Pdt.DR.Ribinson Butar Butar yang juga hadir ditengah acara pembukaan Synode Am GKPA tersebut.

Rangkaian Acara Pembukaan tersebut, dipandu oleh Jecson Sihombing dan Marince Tierlina Purba yang bertugas sebagai pembawa acara, serta dirangkai dengan tarian budaya Angkola oleh tim sekolah Minggu GKPA, serta pemukulan Gong sebagai tanda dibukanya Secara resmi kegiatan Synode Am GKPA Ke XXI Tahun 2021 Oleh Ephorus GKPA didampingi Oleh Undangan yang hadir.

Tampak Hadir dalam pembukaan Synode tersebut,Wlikota Padangsidimpuan,Irsan Effendi Nasution beserta Nyonya, Bupati Tapanuli Selatan,Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Sekum PGI, Pdt.Dr.(HC) Jacklevlyn Fritz Manuputti,MA, Ephorus HKBP,Pdt.Robinson Butar Butar, Deputi Executive sekretary UEM, Pdt. Petrus Sugito.

Gubernur Sumatera Utara, yang diwakili Kabiro Perekonomian Sumut,Naslindo Sirait, Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting,Dandim 0212/Ts, Letkol Inf.Rooy Chandra Sihombing, Kapolresta Padangsidimpuan,AKBP,Juliani Prihartini, Direktur Urusan Agama Kristen Protestan,Jannus Pangaribuan, beserta undangan lainnya.