TAPANULISELATAN, metro7.co.id – Kegiatan Dies natalis Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia ( GAMKI)  yang ke 59 tahun oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC – GAMKI) Padangsidimpuan dirangkai dengan Diskusi Kebangsaan Pemuda dalam menangkal Radikalisme sekaligus Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC GAMKI) Se Padangsidimpuan, bertempat di Aula Kantor Pusat Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA), Minggu (2/5/2021).

 

Dies Natalis ini merujuk ke thema besar GAMKI ,” Sejahterakanlah Kota dimana kamu berada, dan doakanlah,”{Yeremia 29:7). Yang dihadiri lebih kurang 100 orang kader GAMKI, Pemuda gereja dan undangan lainnya. Kegiatan tersebut dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Nova Situmeang STh dan doa syafaat Edi Epron Sihombing serta dipandu oleh Aprianti, dan tampak tertib serta pakai Masker sesuai anjuran protokol kesehatan.

 

Dalam Dies Natalis ini juga oleh DPC GAMKI Padangsidimpuan mengadakan diskusi Kebangsaan Pemuda dengan Tema ,”Pemuda menjadi Garda Terdepan Menangkal Radikalisme untuk menjaga Keutuhan NKRI”. Yang dibawakan beberapa narasumber yakni dari Kodim 0212/TS yang diwakili Danramil Kota Padangsidimpuan Kapten Inf Benghot Hutabarat, Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama, Rahmat Timbul Lubis dan moderator Edi Epron Sihombing , Wakil Ketua DPC GAMKI Padangsidimpuan yang juga sebagai anggota Dewan Pendidikan Kota Padangsidimpuan.

 

Dalam sambutannya,  Ketua DPC GAMKI Padangsidimpuan , Bonardo AP Marpaung, sebagai Pengantar Diskusi menyampaikan ” pentingnya mengetahui posisi dan peran Pemuda, khususnya di tingkat lokal Padangsidimpuan menghadapi isu radikalisme. Kewaspadaan dan kemampuan mengenal lingkungan serta tetap menjaga komunikasi dengan lintas organisasi pemuda adalah tugas utama yang perlu dan terus menerus ditingkatkan guna mempererat tali silaturahmi persaudaraan dan mencegah unsur-unsur lain yang berusaha mengganggu keutuhan NKRI”, Katanya.

 

Kedua narasumber dalam pemaparannya menyampaikan pentingnya memahami issu radikalisme dan mengetahui sumber-sumber serta tips dalam merawat keutuhan NKRI serta tetap menjalin kekerabatan dan persaudaraan di tengah masyarakat.

 

Usai diskusi pemuda, dalam kesempatan itu juga DPC GAMKI Padangsidimpuan melaksanakan Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC GAMKI) untuk 4 PAC  yakni PAC Padangsidimpuan Selatan, Ketua Dedek Sagala, sekretaris Kristian Sutrisno Silalahi, Bendahara Andy Art Tobing, PAC GAMKI Batunadua Ketua Sony Yudika Setiawan, Sekretaris  Jefri Homban Ritonga, Bendahara Josia Aritonang, PAC GAMKI Padangsidimpuan Utara Ketua  Willy Apostolos MAtondang, SH, Sekretaris Arto Suhendra , Bendahara Bryan Nasution dan PAC GAMKI Padangsidimpuan Tenggara Ketua Oscar Sunggul HUtauruk,  Sekretaris Sandro Marisi Lumbantobing, Bendahara Ganti Wati Pasaribu. Pelantikan jajaran PAC berjalan dengan baik dipimpin oleh Ketua DPC GAMKI, Bonardo AP Marpaung didampingi sekretaris DPC, Charles Kulon Panjaitan, ketua Panitia Dies Natalis, Andy M. Sirait SH, dan sekretaris Panitia Agrifa A. Siregar, dipandu oleh Tia Santa Siregar.

 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, mewakili KNPI Padangsidimuan, mewakili Kakan KesbangPol Kota Padangsidimpuan,  Pengurus Ikatan Sarjan Nahdiatul Ulama (ISNU) Padangsidimpuan, Ketua Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (BPC GMKI) Padangsidimpuan, Wastika Sipahutar, bendahara BPC GMKI, Novia Swanda sinaga, Sekretaris Fungsi Kerohanian BPC GMKI, Hanna Dementha,  Ketua Bidang Organisasi dan komunikasi BPC GMKI, Riwani Nainggolan. 

 

 

DPC PWKI Padangsimpuan, Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Batak Bersatu(DPC- PBB) Padangsidimpuan, Dewan Pmpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Padangsidimpuan, tokoh Masyarakat, Sahat Tua Sinaga yang juga sebagai Senior GAMKI, Tokoh Pemuda Pangeran Edison Rambe,  dan puluhan pemuda gereja dari GKPA Sadabuan, GKPA Resort khusus dan GKPA Aek Bayur.