Tapanuli Selatan, metro7.co.id – Peringatan Hari jadi Ke 70 Kabupaten Tapanuli Selatan berlangsung hikmat di lapangan parade kantor Bupati sipirok, Selasa (24/11/2020).

Upacara tersebut di hadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara yang sekaligus sebagai Inspektur Upacara peringatan Hut Tapanuli Selatan ke 70, Uspida Tapsel walikota Padang Sidimpuan, Ketua DPRD Kota Padang sidimpuan, ketua DPRD Padang Lawas, Padang Lawas Utara, DPRI Gus Irawan Pasaribu, DPRD Prov. Sumatera Utara Syamsul Qomar,beserta undangam lainnya.

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH dalam sambutannya menyampaikan ”
Selama kepemimpinan nya 10 tahun masa jabatannya sudah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan percepatan pembangunan Tapsel, beliau juga menyatakan” keberhasilan dalam proses prcepatan pembangunan ditapsel sejak menjabat mulai tahun 2010 hingga berlanjut tahun 2020 ini, tidak lain dari dukungan semua kalangan masyakat Tapanuli Selatan.

Masih lanjut Bupati Tapsel ” ada dua pekerjaan besar kami sewaktu menerima jabata peride pertama tahun 2010 pada saat itu dimana APBD kita 522 milyard namun realisasi 517 milyard, Ditenagah – tengah APBD tersebut defisit 90 milyard, yang kedua atas perintah Undang Undang No 37,38 yang menyatakan bahwa ibukota kabupaten atau pusat kota pemerintahan harus pindah ke sipirok yang sudah melewati masa lampau 18 bulan, secara maraton kami benahi tepatnya pada tanggal 29/4/2011 selama 5 bulan intens mengurusnya ke pemerintah dalam hal ini menteri Kehutunan,dengan segala ucapan rasa syukur kami telah mendapat lokasi areal perkantoran ini sesuai SK Menteri Kehutanan No 244 seluas 271 ha, yang dulunya ini adalah lahan konsesi PT. Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) /
Indorayon,pada tanggal 10 agustus 2012 kita telah lakukan pemancangan pertama kantor induk kantor Bupati”. terang Syahrul.

” Selain itu pada saat kami dilantik Tapsel mendapat opini dari BPK adalah discleimer, pada tahun 2011 sampai 2013 Tapsel sudah dapat WTP dari BPK, 2014 sampai sekarang Tapsel sudah dapat WTP non Pragraf, perlu kami sampaikan, bahwa WTP non Pragraf adalah merupakan salah satu pintu masuk untuk mendapat dana insentif Daerah,bebrpa waktu lalu, Kabupaten Dairi dan Tapsel mendapatkan penghargaan Graha Pena. Tapsel juga mendapat penghargaan juara 3 tingkat nasional dari 514 kabupaten/kota oleh Wakil presiden atas upaya perlundungan tenaga kerja di daerah.

Tapsel juga mendapat dari menteri lingkungan hidup penghargaan KALPATARU, ” Tambah Syahrul. Setelah mengakghiri sambutannya Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH Menyerahakan Surat Hibah Lahan Seluas lebih kurang 1,2 ha dari pemerintah kabupaten Tapanuli Selatan kepada pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk pembangunan mess Pemprovsu.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck) dalam amanah inspektur Upacara menyampaikan ” selamat Hari Jadi Kabupaten Tapsel Yang ke 70, pembangunan Tapsel tidak terlepas dari peran serta Kepala Daerah dan Unsur Unsur Pimpinan Daerahnya, semoga dengan usia yang sudah begitu matang, Tapsel semakin maju, ditengah pandemi covid 19,kami himbau agar masyarakat Tapsel khususnya dan Masyarakat Sumut Umumnya tetap mematuhi protokeler kesehatan”.

Terimaksih kepada pemerintah Tapanuli Selatan dalam hal ini yang sudah menyerah secara sah atau secara administrasi lahan lebih kurang 1,2 ha untuk pembangunan Mess Pemprovsu” Ucap Musa Rajekshah (Ijeck). Mengakhiri Sambutan/ Amanah Uoacara.