TAPSEL, metro7.co.id – Pengusaha muda di Tapanuli Selatan diharapkan mampu mengembangkan potensi usaha pada sektor pangan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Aswin Effendi Siregar, saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Tapanuli Selatan periode 2020-2023, di Emerald hall Hotel Mega permata kota Padang Sidimpuan pada Selasa (22/09/2020).

Aswin berharap, pengurus HIPMI Tapsel yang baru dilantik bisa membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah. “Bisa lebih baik, lebih kreatif, inovatif, dan profesional, untuk membantu perkembangan perekonomian di Tapanuli Selatan,” ucapnya.

Tapsel memiliki potensi alam yang bagus. 78 persen sumberdaya alam tapsel berpotensi besar untuk dikembangkan dalam sektor ketahanan pangan. Dalam pandangan Aswin, potensi tersebut harus dikembangkan oleh para pengusaha muda tapsel.

“Saat ini Kecamatan Sipirok, Aek Bilah, Saipar Dolok Hole, dan Marancar, merupakan daerah yang sangat cocok untuk tanaman kopi dan porang yang lagi buming sekarang,” ungkapnya.

Tapsel juga salah satu kabupaten yang mempunyai alam laut yang produktif. Sayangnya, itu belum dikelola dengan baik. Aswin pun menaruh harapan pada para pengusaha muda Tapsel untuk melirik sumberdaya tersebut agar dikembangkan.

“Maka dengan ini kami harap agar pengurus HIPMI Tapsel agar tetap berkolaborasi dengan pihak pemerintah daerah, perbank-kan, dan wirausaha lainnya untuk mendorong pertumbuhan Ekonomi Tapanuli Selatan,” kata Aswin lagi.***