PADANGSIDEMPUAN, metro7.co.id – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memonitor pelaksana Lomba Desa/Kelurahan 10 Program Pokok PKK 5 Kategori di Aula MAN II , Padang Sidempuan , Rabu (31/8/22).

Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Padang Sidempuan Nomor 60/KPTS/2022, Masroini menyebutkan ada 4 Desa/Kelurahan binaan Kota Padang Sidempuan, yaitu Kec. Padang Sidempuan Hutaimbaru kategori IVA TEST, Desa Aek Najaji Kec. Padang Sidempuan Batunadua kategori UP2K PKK, Kec. Padang Sidempuan Selatan kel. Padangmatinggi kategori Tertib Administrasi, Kec. Padang Sidempuan Utara kel. wek IV PAAREDI

“Hari ini akan dimonitoring oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut di 4 Desa/Kelurahan binaan dengan kategori IVA Test, Up2k PKK, Tertib Administrasi & Paaredi,” ucap Kabid. Pendidikan & Peningkatan Ekonomi Keluarga (Ny. Masroini) mewakili Ketua TP PKK Kota Padang Sidempuan.

Ia berharap dengan program pembinaan desa/kelurahan PKK di Kota Padang Sidempuan dapat meningkatkan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi. Nasution SH, MM pada sambutannya mengharapkan kiranya TP PKK Provsu dapat merasa nyaman dalam melaksanakan tugas monitoring di Kota Padang Sidempuan sehingga dapat menambah wawasan masyarakat dalam pelaksanaan proses pembangunan yang berpedoman 10 program PKK.

Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK merupakan upaya memandirikan masyarakat dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, serta keadilan kesetaraan gender, tambahnya.

“Terkait dengan kesetaraan gender di Kota Padang Sidempuan kami bisa buktikan dengan 2 camat di Padang Sidempuan camatnya adalah perempuan , OPD ada 5 kepala OPDnya perempuan,” tegas Wako Irsan.

Ia ingin kesetaraan gender di Kota Padang Sidempuan dapat dirasakan oleh masyarakat dan itu merupakan salah satu komitmen.

Sementara Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dalam sambutan yang dibacakan M. Nirman Subkhan Nasution mengapresiasi TP PKK Padang Sidempuanyang telah mengikuti lomba 5 kategori. Menurut dia, TP PKK Padang Sidempuan serius mengikuti lomba 5 kategori ini.

Menurut dia, perkembangan kegiatan PKK telah mengalami berbagai perubahan sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 dan Nomor 36 Tahun 2020 serta hasil rakernas di Jakarta.

“Tentunya banyak hal yang harus kita sikapi serta tindaklanjuti terkait bidang kelembagaan administrasi dan 10 Program Pokok PKK. Juga berbagai jenis program dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK,” katanya.

Muhammad Nirman Subkhan Nasution selaku sekretaris II TP PKK Provinsi Sumatera Utara mengucapkan selamat kepada TP PKK Padang Sidempuan untuk mengikuti acara monitoring tahun 2022. ***