Rantau — Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan menanam pohon jeruk di halaman Posyandu Terpadu Desa Batu Hapu Kecamatan Hatungun, di acara Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP), Sabtu, akhir pekan lalu.
Penanaman pohon ini dilakukan bersama Ketua Gatriwara, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Candra Kirana, Ketua Dharma Yukti Karini, Ketua Iwapi, Ketua TP PKK Kecamatan se Tapin, dan para perempuan yang ada di Desa Batu Hapu.
Hj Ratna, saat didaulat melakukan penanaman jeruk, tidak terlihat canggung saat memegang cangkul dan memasukkan bibit jeruk, menguruknya dengan tanah, dan terakhir menyiramnya dengan air.
Hj Ratna sebelum melakukan penanaman mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan bersama seluruh jajaran PKK dan organisasi wanita se Tapin.
“Saya berharap agar menanam pohon menjadi budaya bagi masyarakat, khususnya di Tapin. Tiada hari tanpa menanam, hingga tidak ada sejengkal tanahpun tanpa pohon, hijau Indonesia, hijau Tapinku tercinta,” ujar Hj Ratna.
Dikatakan Ratna, tiada kehidupan tanpa pohon, jadi betapa pentingnya pohon, baik sebagai sumber pangan, sumber  oksigen, dan fungsi lain sebagi peneduh dan penyejuk lingkungan.
Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Kamilah, dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tapin, m engatakan GPTP ini merupakan suatu gerakan perempuan dalam rangka mendorong partisipasi perempuan untuk berperan aktif dalam rangka mendorong partisipasi perempuan untuk berperan aktif untuk menyukseskan penanaman satu miliar pohon dan program penghijauan di Tapin.
“Bibit yang ditanam seperti kelapa kopyor sebanyak 200 pohon, 5 bibit mangga, 5 bibit rambutan, 20 bibit jeruk, dan 100 bibit kelapa genjah kopyor, yang ditanam di pekarangan,” ujar Kamilah. (Metro7/Fit)