KANDANGAN – Gelaran sepeda santai yang dilaksanakan Kodim 1003 Kandangan Minggu (28/9) yang lalu  memantik semangat para penggemar sepeda yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).
Buktinya, dari beberapa pecinta sepeda yang ditemui, semuanya mendukung kegiatan yang dilaksanakan TNI tersebut. Bahkan mereka berharap, akan ada lagi event serupa yang melibatkan semua komunitas yang ada di Kabupaten HSS.
Selain itu, mereka juga berharap agar jalur yang digunakan bisa lebih panjang. Sehingga perjalanan bersepeda dapat lebih dinikmati oleh penunggang sepeda. Imbasnya, para pemilik sepeda lain yang semula tidak mengikuti akan tertarik ikut karena ada event yang dilaksanakan oleh sebuah instansi.
“Kita sangat mendukung jika ada kegiatan bersepeda lagi,”ujar Rudi.
Pria yang gemar bersepeda ini juga mengatakan, bahwa kegiatan sepeda santai bisa ditingkatkan dengan melibatkan semua instansi, masyarakat umum dan para pelajar yang ada di Kabupaten HSS. Kenapa hal itu dapat dilakukan, karena bersepeda adalah olahraga yang murah meriah dan sangat terjangkau oleh masyarakat.
Apalagi di HSS para pemilik sepeda sangat meningkat. Momen ini harus digunakan oleh instansi pemerintah ataupun vertikal dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.
Rudi menambahkan penggunaan sepeda pada saat-saat libur atau ketempat kerja merupakan hal yang patut didukung. Karena bersepeda bisa menyehatkan badan. Selain itu dapat mengurangi dampak asap (timbal) yang dikeluarkan kendaraan bermotor.
Ketika diminta komentarnya, terkait dengan sepeda santai yang dilaksanakan Kodim 1003 Kandangan,  Rudi mengatakan  apa yang dilaksanakan Kodim 1003 Kandangan  bagus. Sebab selama ini berbagai instansi melaksanakan kegiatan bersepeda tidak diikuti jumlah peserta yang banyak.
Berangkat dari banyaknya peserta itulah. Hendaknya Kodim 1003 Kandangan bisa melaksanakan kegiatan yang sama dengan lajur yang lebih panjang. Jika bisa kerja sama dengan pemerintah daerah, sehingga kegiatan tersebut bisa semakin semarak dilaksanakan di Kabupaten HSS.
Pernyataan senada juga disampaikan oleh Rina warga Kandangan yang mengikuti kegiatan. Menurutnya ada yang harus diperbaiki dalam setiap lomba. (metro7/Fit)