METRO7.CO.ID, PARINGIN – Untuk mencapai standar pelayanan serta meningkatkan mutu layanan kesehatan yang ada kepada masyarakatnya, mulai tanggal 13 sampai dengan 20 November 2017 mendatang, empat buah Puskesmas Di Kabupaten Balangan dilakukan penilaian akreditasi oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi.

Ke empat buah Puskesmas yang diakreditasi oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tersebut yakni, Puskesmas Lampihong, Puskesmas Halong, Puskesmas Batumandi, dan Puskesmas Tebing Tinggi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Ahmad Nasa’I, Pelaksanaan akreditasi Puskesmas sudah direncanakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak tahun 2015 dan pada tahun 2019 semua puskesmas di Indonesia wajib terakreditasi.

Tujuan akreditasi sendiri, kata Nasa’I, untuk menstandarkan pelayanan kesehatan yang harus diberikan oleh Puskesmas kepada masyarakat.

“Jika sudah akreditasi, maka puskesmas itu memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan,’’ bebernya.

standar pelayanan tersebut, menurut Nasa’I, sangat penting terlebih di era reformasi sekarang ini , standar pelayanan merupakan sebuah keharusan.

Sehingga puskesmas diharapkan mampu memberian pelayanan publik yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat. Selanjutnya puskesmas sebagai ujung tombak dan sekaligus sebagai tolok ukur pelayanan publik di bidang kesehatan, merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi.

“Dasar dari akreditasi puskesmas ini adalah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang puskesmas, dimana dalam rangka peningkatan mutu, puskesmas harus diakreditasi,” jelasnya.

Untuk di Balangan sendiri, lanjut dia, sesuai target di tahun 2019 semua puskesmas sudah harus terakreditasi akan terpenuhi, karena suda ada tiga Puskesmas telah disurvey dan menunggu hasil penilaian yaitu Puskesmas Paringin, Paringin Selatan, dan Puskesmas Juai.

“Secara bertahap kita melaksanakannya. Sekarang ini, 4 Puskesmas lagi yang dinilai. Kita berharap target 2019 semua Puskesmas sudah akreditasi bisa tercapai sehingga mutu layanan kesehatan kepada masyarakat meningkatkan,’’ pungkasnya. (Metro7)