TANJUNG – Publik di Kabupaten Tabalong yang menginginkan zakat, infak dan sedekahnya bisa tersalurkan kepada yang benar-benar berhak menerima atau tepat sasaran kepada mustahik (orang yang berhak sesuai agama Islam), maka salurkanlah ke BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) daerah. Sebab, kini daerah penghujung Kalimantan Selatan ini sudah mengkukuhkan lima pengurus baru.
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat melantik kepengurusan baru BAZNAS, berharap pengukuhan ini bisa menjadi awal dari momentum untuk memaksimalkan peran BAZNAS dalam rangka mensejahterakan umat.
Sehingga untuk itu pengurus BAZNAS yang sudah dilantik harus segera melakukan konsolidasi organisasi, karena tidak mungkin dengan hanya berlima, BAZNAS Tabalong bisa berperan maksimal.
Anang juga menyampaikan supaya kantor BAZNAS Tabalong bisa mencari yang berada di pinggir jalan dan dilengkapi dengan baliho atau spanduk yang bisa mengukuhkan keberadaan BAZNAS.
“Ini penting karena potensi zakat dan infaq di Tabalong ini luar biasa, kalau bisa dihimpun tentu BAZNAS bisa berperan lebih besar dalam rangka mensejahterakan umat,” ucapnya.
Selain itu, Anang juga mengatakan, hal yang paling penting adalah bagaimana membangun kepercayaan. Salah satunya bisa dilakukan dengan membuat kantor yang benar-benar profesional untuk melayani umat yang ingin menyampaikan zakat atau infaq.
“Saya yakin kalau dikelola dengan baik, maka baznas akan punya andil besar untuk tingkatkan kesejahteraan umat,” katanya.
Terpisah, Ketua Umum BAZNAS Provinsi Kalsel, HG (P) Rusdi Effendi AR, mengatakan, pelantikan di Tabalong ini merupakan urutan kedelapan dari 13 kabupaten/kota yang sudah sah berdasar SK dan dilantik kepala daerah.
“Ada dua kabupaten yang sudah ada SK hanya belum pelantikan, dan tiga kabupaten yang belum ada SK bupati,” jelasnya..
Rusdi juga mengatakan dirinya percaya BAZNAS Tabalong dapat mencapai target yang diharapkan dengan dukungan bupati dan bagian kesra yang aktif.
“Marilah kita sama-sama menggaungkan visi BAZNAS yakni ampih miskin dengan sentuhan zakat,” katanya.
Pelantikan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tabalong, periode 2016-2021 dilakukan, Kamis (12/1) pagi sekitar pukul 10.00 Wita.
Lima unsur pimpinan BAZNAS kabupaten Tabalong dengan Ketua Terpilih, H Mardani ini, secara langsung dilantik Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani.
Dalam acara yang dilakukan di Wisma Tamu Bersinar, dihadiri  Ketua Umum Baznas  Provinsi Kalsel HG (P) Rusdi Effendi AR, Wakil Ketua IV Prof DR Asmadji Darmawi, Direktur Amil Baznas Kalsel, Irfani Hazransyah dan Ilham Maskuri Hamdi selaku narasumber sosialisasi.
Sementara dari Tabalong hadir Ketua MUI Tabalong, Kepala Kantor Kemenag Tabalong, Ketua DPRD Tabalong, Kapolres Tabalong serta pejabat dan undangan lainnya.
Pengurus BAZNAS Tabalong 2016-2021
H Mardani (Ketua)
H Muttaqin
H Thabrani
H Ahmad Zarkasi
H Sabilal Rusdy