TANJUNG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tabalong mencanangkan Gerakan Jum’at Berinfaq sebagai wujud untuk mengokohkan kebersamaan dan keimanan umat Islam dalam membantu sesama melalui sedekah.
  Gerakan Jum’at Berinfaq ini pun langsung direspon Bupati H Anang Syakhfiani dengan mengintruksikan semua instansi yang ada di Tabalong baik dilingkungan jajaran Pemkab, Instansi Vertikal sampai Kecamatan hingga kantor desa, bahkan dilingkungan kerja perusahaan untuk menyediakan kotak amal dalam mendukung gerakan mulia ini.
  “Maaf kali ini saya menggunakan jabatan sebagai pemimpin daerah yakni mengintruksikan semua instansi termasuk vertikal agar bisa menyediakan kotak amal dilingkungan kerjanya masing-masing. Paling lambat pada Jum’at 21 April ini sudah tersedia,” kata bupati saat membuka Gerakan Jum”at Berinfaq bertempat dihalaman Kantor MUI yang juga Seketariat Baznas Tabalong, Selasa tadi.
  Dijelaskan, gerakan ini memerlukan dukungan semua pihak sepert partisipasi masyarakat dan kemitraan antara berbagai pihak untuk melakukan usaha terus-menerus dan berkesinambungan dalam membumikan zakat, infaq dan sedekah di Bumi Sarabakawa.
  Sebagaimana potensi di Tabalong, dimisalkan cuma diambil 90 ribu jiwa penduduk dari sekitar 240 ribu jiwa jumlah penduduk yang ada, maka sudah berapa yang dihasilkan dari Gerakan Jum’at Berinfak ini.
  “Maka itu saya tekankan potensi ini harus kita gerakkan,” katanya lagi.
  Ketua Bazanas Tabalong, H Mardani  menyampaikan pihaknya saat ini juga sudah mengirimkan surat yang diketahui bupati dalam hal pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Instansi Pemkab Tabalong.
  Dengan dibentuknya UPZ di tiap instansi nantinya, diharapkannya akan memudahkan para pembayar zakat dalam menunaikan kewajibannya maupun dalam penyaluran infaq dan sedekah sebagai warga negara yang beragama Islam.
 “Kita semua tentunya berharap kehadiran Baznas di Tabalong ini bisa dirasakan masyarakat dan memberikan kepuasan semua pihak,” tuturnya.