Paringin — Sampah yang selama ini sering menimbulkan masalah ternyata bisa menguntungkan jika dikelola dengan baik. Sampah bisa diproses menjadi pupuk organik atau didaur ulang serta dibuat kerajinan tangan.
Direktur Eksekutif Perkumpulan Pusaka, Firman Yusi SP, mengungkapkan sampah yang dikelola dengan baik bisa menyuburkan tanah. Hal itu dikatakan Firman saat menjadi pembicara pada program bimbingan teknis Adiwiyata Kabupaten Balangan, baru-baru tadi.
Program Adiwiya juga mendapat dukungan dari PT Adaro indonesia, PT Pamapersada Nusantara dan PT SIS. Kemitraan Perkumpulan Pusaka juga memiliki program tersendiri yakni tentang pusat belajar komunitas 3R (Reduce, Reuse, Recycle).
Kepala BLHK Kabupaten Balangan Karim Suardi mengatakan selain program Adiwiyata pihaknya juga telah melaksanakan pengelolaan sampah menjadi gas yang sudah mulai dikembangkan di Kabupaten Balangan.
Selain itu Trichoderma Harzianum juga memiliki keunggulan di antaranya mudah ditemukan di kebun pertanaman, mudah diisolasi dan dikembangkan, mempunyai kisaran mikroparasitisme yang luas, dapat tumbuh dengan cepat pada berbagai substrat, pada umumnya tidak bersifat patogenik terhadap tanaman, mempunyai kompetisi yang baik terhadap ruang dan tanaman, menghasilkan antibiotik dan enzim yang dapat menimbulkan kerusakan pada inang, mampu mencegah dan mengendalikan jamur pada tanaman mulai dari perakaran,batang dan daun karena bisa hidup dalam semua jaringan tanaman,Mampu hidup di semua jaringan tanaman sehingga lebih toleran dan stabil terhadap tekanan abiotik. (Metro7/Sri)