PT Pamapersada Nusantara (PAMA) sebagai salah satu anak perusahaan Astra Group yang bergerak di bidang jasa kontraktor pertambangan, sangat fokus menjalankan program Community Development (Comdev) di seluruh wilayah operasi. Program unggulan yang dijalankan adalah program pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat atau lebih dikenal Income Generating Activity (IGA) dengan melakukan pembinaan pada koperasi dan UMKM melalui LPB Pama Mitra Daya (PAMIDA), LPB Adaro-PAMA.

Selain itu, juga di bidang pengembangan pendidikan, PAMA fokus pada program pustaka keliling, peningkatan kompetensi tenaga pengajar, pembangunan sekolah unggulan SD-SMA Hasbunallah Kalsel, beasiswa, magang operator dan mekanik alat-alat berat.
Dukunnga lain, menyadari minimnya tenaga ahli di bidang pertambangan, khususnya mekanik dan operator, membuat PT United Tractor Tbk melalui anak usahanya PT Pamapersada Nusantara, mendirikan UT School sebagai wujud CSR Perseroan.
Menurut Direktur Keuangan united Tractor, Gidion Hasan bulan November 2011 lalu, minimnya tenaga ahli di bidang pertambangan, khususnya mekanik dan operator menjadi tantangan tersendiri. Guna menjawab tantangan tersebut, pihaknya telah mendirikan UT School yang merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) perseroan.
“Kami merasa tenaga ahli, khususnya untuk mekanik dan operator di industri pertambangan masih minim, makanya kami bangun sekolah tersebut,” jelasnya.
Menurut Gidion, sekolah tersebut hingga saat ini sudah berhasil meluluskan sekitar 3.000 lulusan yang banyak diserap di industri pertambangan.
“Saat ini kami sedang membina sekitar 1.200 orang,” ujarnya.
Para siswa yang dimasukkan ke sekolah tersebut diambil dari siswa-siswa lulusan SMA dari seluruh Indonesia dengan sistem pembayaran sekolah melalui subsidi perseroan. Metro7/usy