BARABAI – DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) gelar Rapat Kerja Gabungan Komisi bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten HST, membahas tentang anggaran Covid-19 di Ruang Rapat DPRD lantai II, Rabu (10/6).

Rapat Kerja bersama ini dipimpin oleh H Johar Arifin didampingi Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan.

Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan mengatakan, bahwa Maret 2020 lalu sudah mulai bergerak, yang diawali dengan Rapat Koordinasi (Rakor) untuk menyikapi bagaimana gambaran tentang penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Dalam penganggaran penanganan Covid-19 ini mengacu pada keputusan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu) tentang regulasi keuangan yang mewajibkan semua daerah untuk fokus terhadap penanganan Covid-19,” kata Berry.

Dana anggaran yang ada difokuskan pada tiga hal, yakni yang pertama bidang kesehatan, ditujukan melengkapi sarana dan prasarana, baik untuk Dinas Kesehatan, maupun untuk puskesmas, kemudian Rumah Sakit (RS) di Kalsel.

Kedua, dana ini diarahkan untuk dampak ekonomi akibat pandemi corona, kemudian yang ketiga, dana ini difokuskan untuk penyediaan jaring pengaman sosial.

“Ini kita siapkan ketika ada hal-hal yang mendadak, termasuk kita kelola sendiri dana zakat infaq sedekah, yang diarahkan untuk bantuan sosial masyarakat di HST,” tutupnya. (metro7/sin)

Reporter : Muhammad Yasin / Hulu Sungai Tengah – Kalimantan Selatan.