PARINGIN- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabapaten Balangan mengelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda Rekomdasi DPRD terhadap laporan keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) kepala daerah Kabupaten Balangan  tahun anggaran 2013, senin (28/4) diaula sidang DPRD Kabupaten Balangan.
Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Balangan, H. Zainuddin yang didampingi oleh Wakil Ketua H.M. Yusuf dan dari pihak pemerintah daerah dihadiri oleh Wakil Bupati balangan, H. Ansharuddin,serta segenap Anggota Dewan, unsur Muspida Kabupaten Balangan, para Kepala SKPD, Kepala Badan, Kepala Kantor dan Bagian, segenap Camat,
Penyerahan rekomendasi dan catatan LKPJ ini dilakukan dalam rapat paripurna istimewa dalam rangka penyampaian keputusan DPRD kabypaten balangan tentang catatan strategis  sebagai rekomendasi terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun 2013
Ketua Pansus DPRD Kabupaten Balangan tentang LKPj Kepala Daerah Kabupaten balangan 2013, H. Rusdi Hsy, menyampaika pansus memberikan aprisiasi tinggi kepada tim penyusn LKPJdaerah karena telah menyelesaikan LKPj sesuai aturan dan perundang undangan yang berlaku.
“Kepada kepada daerah kami ucapkan terima kasih karna telah melasanakan tugas sesuai kewenangan yang diberikan sehingga kemajuan pembangunan dikabupaten balangan kita ini telah dapat dilihat dan dirasakan oleh semua pihak,” ucapnya.
Namun, sebegai bentuk nyata dari aprisiasi tersebut Pansus DPRD memberikan Rekomendasi berupa catatan-catanan yang disimpulkan dari Rapat Internal DPRD Kabupaten Balangan.
Disampaikannya Rekomendasi yang dihasilkan pansus DPRD Kabupaten Balangan yakni Kepada Pemerintah Daerah lebih memperhatikan alih fungsi lahan terutama sawah yang terus beralih fungsi baik jadi lahan pertambangan, perkebunan dan pemukiman penduduk. Disarankan agar pemerintah daerah membuat suatu regulasi dalam bentuk kepusan bupatai atua pun kebijakan.
Masing banyak aset daerah yang belum terinventarisir dengan baik dan benar, baik aset bergerak dan tidak bergerak hampir semua SKPD Balangan, dan disarankan agar SKPD khususnya Dinas DPPKAD pada bagian dan tata kelola aset supaya bekerja yang sesuai aturan serta petujuk yang ada.
Target yang diamatkan dalam RPJMD kepada setuap SKPD terkait dengan program dan kegiatan masih banyak yang tidak memenuhi target kinerja, baik dalam prestasi ataupun satuan kegiatan, untuk itu disarankan agar setiap SKPD membuat program kerja dengan membuat skala prioritas dan program kerja kegiatan yang realitas.
4Dalam hal realisasi pengunaan anggaran per SKPD terlihat sudah sangat memuaskan dilihat dari segi kwantitas karena sudah diatas rata-rata 80% hanya ada beberapa SKPD yang daya serapnya kurang dari 60%, naum juga perlu diperhatikan segi kuantitas yang harus diperhatikan , untuk itu disarankan agar dalam penganggaran realita harus benar diperhitungkan agar penyerapan dana dapat maksimal.
Sementara wakil Bupati Balangan, H. Ansharuddin, berkesempatan menyampaikan sambutan dan laporan Lkpj kepada daerah dimana sebelumnya disampaikannya bahwa LKPj tersebut disusun berdasarkan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2013—yang merupakan penjabaran tahunan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) kabupaten balangan 2011 – 2015 dengan berpedoman pada rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) kabupaten Balangan.
Disampaikanya, pada tahun anggaran 2013,  melanjutkan upaya-upaya optimalisasi penerimaan daerah melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi pengelolaan keuangan dan aset daerah. hasilnya, dari anggaran pendapatan sebesar rp 611.355.372.000,00 kita merealisasikannya sebesar 118,06 % atau mencapai rp 721.740.648.147,80. semua komponen pendapatan, yaitu pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah, mengalami kenaikan yang signifikan.b Metro7/Sri