TANJUNG – Program pemerintah kabupaten Tabalong untuk menciptakan lingkungan bersih indah dan sejuk yang telah dimulai tahun lalu melalui gerakan Tabalong bersih, hijau dan tertib terus, akan dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.
Sasaran program untuk mewujudkan Tabalong bersih dan hijau melalui pengelolaan lingkungan, tidak hanya di wilayah perkotaan saja akan tetapi sampai ke kecamatan dan pelosok desa.
Untuk mempertajam dan memantapkan program, maka Kamis (22/09) tadi pemerintah kabupaten Tabalong menggelar ekspose “Gerakan Tabalong bersih dan hijau bertempat di aula Pendopo Bersinar Tanjung, dengan melibatkan semua Kepala SKPD, para camat, lurah, kepala desa, perwakilan perusahaan dan perbankan, TNI/Polri, Ormas serta semua stakeholder.
Dalam ekspose itu Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani didampingi Sekda H.A.Muthalib Sangaji, Asisten Ekonomi Pembangunan Hj.Hamidah Munawarah, Kepala BLHD Syaiful Bahri, perwakilan pimpinan YABN, Zuraida Murdia Hamdie ekspose juga diisi dengan sesi tanya jawab dan dialog.
Bupati H.Anang Syakhfiani menanggapi beberapa pertanyaan  dan saran dari peserta diantaranya  terkait program menciptakan Tabalong bersih dan hijau, yang sasarannya untuk menjadikan Tabalong sebagai kiblat bagi Kalimantan Selatan khususnya dalam artian diharapkan bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang ingin melakukan rekreasi atau berliburan, maka Tabalong bisa dijadikan pilihan, oleh karena itulah program Tabalong bersih dan hijau serta penataan jalan yang akan menyediakan jalur lambat bagi pengendara sepeda juga perlu segera diwujudkan.
Bupati juga menjelaskan bahwa dalam dua tahun terakhir ini investasi mulai meningkat, dan satu-satunya kabupaten di Kalimantan Selatan yang pertumbuhan ekonominya positif dan mendekati pertumbuhan ekonomi Nasional.
“Gerakan Tabalong bersih dan hijau harus kita wujudkan ke seluruh wilayah kabupaten Tabalong dan sampai ke pedesaan,” katanya.
Oleh karena itu pula rencana pencanangan gerakan Tabalong bersih dan hijau akan segera dilakukan oleh  pemerintah kabupaten Tabalong. (metro7/vino)