Amuntai — Perayaan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ke-61 berlangsung meriah dan lebih istimewa disbanding peringatan serupa tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, perayaan harjad kali ini dirangkai dengan pembukaan Seleksi Tilawatil Qur`an Nasional (STQN) XIX tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013. Sehingga perayaan yang biasanya dilaksanakan siang hari, kali ini pada malam hari.
Ribuan warga HSU yang ingin menyaksikan pelaksanaan peringatan harjad dan pembukaan STQN tampak penuhi Lapangan Pahlawan Amuntai. “Harjad HSU tahun ini terasa lebih meriah karena biasanya pelaksanaannya pada siang hari dan selalu lewat dari tanggal 1 Mei, sekarang pelaksanaannya pada malam dan tepat pada tanggal satu Mei,” kata Kepala Bagian Humas Setda HSU, Adi Lesmana, baru-baru tadi.
Selain itu perayaan harjad HSU yang ke 61 ini juga dihadiri oleh 13 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan yang berhadir sebagai peserta dari STQN.
Adi mengatakan, pesta kembang api pada akhir acara juga lebih menambah kemeriahan Harjad HSU ini yang menghiasi langit bumi Agung  pada puncak acara selama kurang lebih 30 menit.
Partisipasi dari masyarakat HSU sendiri juga lebih terlihat pada tiap desanya  dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Nampak lampu-lampu hias menghiasi seluruh sudut kota Amuntai.
Adi berharap perayaan harjad HSU kali ini dapat menjadi kesan yang positif bagi warga Amuntai sendiri terlebih warga kabupaten lain yang juga berhadir dalam acara tersebut.
Tampak hadir dalam peringatan harjad HSU ini Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Arifin dan H Rudy Resnawan, serta Pemimpin Umum SKH Banjarmasin Post H. Gusti Rusdi Effendi.
Mantan Bupati HSU HM Aunul Hadi Ideham Khalid, mantan Wakil Bupati HSU HM Welny dan H Syahdilah.SSos MSi, Bupati dan Walikota se Kalsel atau yang mewakili serta beberapa tokoh politik Kalsel lainnya. (Metro7/Ayie)