• Panen Perdana Pertanian Lahan Tetap Desa Atiran
Barabai — Para petani di Desa Atiran Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten HST akhirnya dapat bernafas lega. Selasa (26/3) tadi mereka melakukan panen perdana denganmenggunakan sistem lahan tetap.Sebelum nya masyarakat di desa itumelakukan kegiatan bertani dengan sistem nomaden atau berpindah-pindah.
BupatiHarun Nurasid yang didampingi olehKetua TP PKK Kabupaten HST Hj TintainahHarun Nurasid mengharapkan agar denganadanyalahantetapseluas tiga hektarini  dapatmembantu meningkatkankesejahteraanpetani di daerahpegununganmeratus.
“Sayaamatmenghargaiusaha Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) yang sudahberusahauntukmemajukanpertaniandidaerahini,  tentunyapetani-petani lain didaerahpegununganmeratusbisameniruapa yang sudahdilakukanolehkelompoktani,” katanya bangga.
Harunjugamengungkapkankesediaannyauntukmemberikandukungandanbantuanuntukmengembangkan lahan tetap di daerahpegunungantersebut.“Silahkankepadaparapetaniuntukmenceritakanapasaja yang dibutuhkanuntukmengembangkanlahantetapini, nantisecarabertahapakankitausahakanbersamaDinasPertanian, TanamanPangandanHoltikultura, inijugaberlakubagipengembanganpeternakandankehutanan, pemerintahdaerahselalusiapuntukmembantu,” ujarnyalagi
Ketua KTNA Batang Alai Timur, Kosim, yang mendampingi bupati padaacaraitujugamengungkapkan rasa terimakasihnyakepada pemerintah daerah yang mendukungpengembanganpotensipertanian, peternakandankehutanandiwilayahtersebut.
“Meskipun sederhana, lahan tetap ini diharapkan dapat menjadi satu langkahawaluntukmemenuhikebutuhanbahanpangan di daerahkita. Dan tentu kami berterimakasihkepada  Bupati HST yang sudahmendukungpengembanganlahansederhanaini, besarharapan kami untukterusbisabekerjasamadenganpemdauntukmembangunkesejahteraan petani” ujarpenerimapenghargaanAdhikarya Pangan Nusantara 2012 ini.
Pada kesempatan itu bupatibesertarombonganjugamengunjungipenangkaranikan guramisertalahanperkebunan karetdanpohon meranti yang dibudidayakanoleh KTNA Batang Alai Timurdenganpolasistemtanamsilang. AdvHumHST