BARABAI – Dibawah kepemimpinan Bupati H Harun Nurasid, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) terus mendulang prestasi ditingkat. Setelah beberapa waktu lewat, Harun mendapat Anugerah Penggiat Lingkungan Hidup, maka baru-baru ini kembali meraih prestasi tingkat nasional “Ki Hajar Award 2014”.
 Penghargaan bergengsi tersebut merupan bentuk pengakuan dari pemerintah pusat atas keberhasilan Pemkab HST dalam bidang pendidikan yang mana memiliki perhatian dan dedikasi tinggi dalam mendayagunakan  bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
“Saya harapkan dengan penghargaan ini akan menstimuli perkembangan dan peningkatan pemanfaatan TIK dalam mendukung dan menunjang keberhasilan pendidikan didaerah” ujar Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah RI Anies Baswedan Anies Baswedan yang menyerahkan langsung penghargaan kepada Harun di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Komplek Kementrian Pendidikan Nasional RI Jakarta pada kamis malam lalu (20/11).
Harun sendiri  menyatakan rasa bangga dan berterimakasih dengan seluruh jajaran pendidikan di HST dan steak holder terkait termasuk mitra kerja Dinas Pendidikan Propinsi Kalsel yang selama ini bekerja keras dalam upaya memajukan dunia pendidikan dalam bidang pendayagunaan TIK di HST.
Plt. Kepala Dinas Pendidikan HST, Dia Udini mengatakan bahwa keberhasilan meraih Ki Hajar Award 2014 tersebut menjadi penyemangat jajarannya untuk dapat bekerja lebih baik dalam bekerja membantu Bupati HST dalam memajukan pendidikan berbasis TIK.
Bukti Komitmen dan Keberhasilan Membangun Pendidikan.Sekretaris Daerah HST yang juga Ketua PGRI HST,  H Agung Parnowo menyatakan bahwa keberhasilan H Harun Nurasid meraih Ki Hajar Award merupakan bukti dari komitmen tinggi dan indikasi keberhasilan nyata dalam membangun pendidikan di Bumi Murakata.
“Beliau selama ini sangat peduli dan memberikan perhatian penuh dalam memajukan pendidikan di HST” ujar Agunng  menyebut atasannya tersebut.
Adapun program pemanfaatan  dan pendayagunaan TIK yang telah dilaksanakan oleh Pemkab HST melalui Dinas Pendidikan yaitu :
1.     Pelatihan Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK  sebanyak 300 orang setiap tahun.
2.     Pelatihan pengembangan metode belajar mengajar menggunakan TIK setiap tahun 200 orang 
        guru dari jenjang  SD, SMP, SMA dan SMK.
3.    Mengembangkan Sekolah Model Pembelajaran Berbasis TIK untuk semua jenjang termasuk 
        sekolah   lingkungan Kementrian A gama, dengan Server PSB (Pusat Sumber Belajar) dari BTIKP    
        Provinsi Kalimantan Selatan.
4.     Membangun  Tower/antena penghubung dari Kabupaten HST ke Kecamatan terletak di Pantai 
        Hambawang Kec. Labuan Amas Selatan dan di Desa Arsin Kec. Batang Alai Selatan.
5.     Pengembangan Sistem Informasi Terpadu di Sekolah dan SKPD seperti : TRIMS, SIPs, Digital 
        Soceity, Indhise School, Lintas Artha, dll.
6.     Pendampingan oleh Tim Pengembang ICT Kab. HST bagi guru-guru dalam mengembangkan 
       pembuatan bahan ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Model pembelajaran berbasis 
       TIK.AdvHumHST