Bupati HST H Harun Nurasid secara resmi menerima Tim Ekspedisi Khatulistiwa Tahun 2012 yang terdiri dari 103 Personil dipimpin Ketua Tim Ekspedisi Khatulistiwa Mayor Infanteri Ardian Triwasana bertempat di Pendopo Bupati HST, Selasa (10/4/2012) Pukul 09.00 Wita. 
Ketua Tim Penerimaan Ekspedisi Khatulistiwa dari Pemerintah Kabupaten HST, Sekda HST  H IBG Dharma Putra melaporkan, Kegiatan silaturrahmi  ini merupakan  apresiasi dan penghargaan dari Pemkab HST terhadap Tim yang akan melakukan ekspedisi hingga 17 Agustus 2012 mendatang. 
Dijelaskannya, sejak persiapan hingga proses Kegiatan Ekspedisi, Pemerintah Kabupaten HST akan berperan aktif sesuai kemampuan daerah dan ketentuan yang berlaku, di mana tujuan ekspedisi tiada lain untuk menghidupkan naluri tempur, pembinaan dan operasi teritorial, penelitian, juga penyesuaian diri dengan lingkungan daerah. 
“Semua SKPD akan berpartisipasi  untuk melakukan pembinaan daerah terpencil, bersama dalam pendekatan kemitraan dan saling pengertian dari Tim Ekspedisi, Pemkab HST dan unsur masyarakat lainnya untuk  memberikan kontribusi demi program pembangunan daerah terpencil agar dapat terlaksana tepat guna, sasaran dan hemat anggaran,” katanya. 
Dalam sambutan dan perkenalannya, Ketua Tim Mayor Infanteri  Ardian Triwasana mengungkapkan, komposisi personil Tim Ekspedisi Khatulistiwa terdiri dari tujuh perwira TNI, membawa 103 personil, melibatkan peneliti dari ITB dan Mahasiswa Pencinta Alam, sementara Ekspedisi ini bukan hanya milik TNI AD tapi juga dari AU, AL, Batalyon 621, 623, Kostrad, dan lainnya. 
Selain tujuan militer, Ekspedisi juga membawa misi non militer untuk menjaga kelestarian alam, bermula dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghijauan. Ekspedisi resmi dilaksanakan Rabu (11/4/2012) menuju Pegunungan Meratus yang kemudian akan diikuti tim lainnya. 
Tim ITB  Prof Dr Haris akan meneliti kelestarian dan keragaman Meratus, geologi, sosial budaya setempat,” ungkapnya. 
Bupati HST H Harun Nurasid dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten HST merupakan daerah tersempit di Kalimantan Selatan dengan luas wilayah 1.472 km² dan jumlah penduduk 243.800 jiwa, memiliki 11 kecamatan, 8 kelurahan dan 161 desa dengan sektor andalan Pertanian dan Perkebunan. 
Diharapkannya, seusai Ekspedisi, hasil penelitian  dapat membuahkan satu rekomendasi atau memberikan saran dan pikiran kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk mengelola hutan, mengembangkan perkebunan, meningkatkan perekonomian rakyat dan optimalisasi lahan-lahan belum produktif. 
Kehadiran tim sejalan dengann upaya memberdayakan masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten HST, utamanya untuk mengurangi angka pengangguran, menekan angka kemiskinan. Untuk menyukseskannya, diinstruksikan kepada Sekda Ketua Tim  dari Pemkab HST melakukan koordinasi dan kemitraan pelaksanana kegiatan  dengan tim Ekspedisi Khatulistiwa, sehingga kegiatan terlaksana lancar dan membuahkan hasil yang bermanfaat.  
Silaturahmi Tim Ekspedisi Khatulistiwa Tahun 2012 dengan Pemerintah Kabupaten HST dimeriahkan penampilan tari Masak Banih oleh Siswi SMPN 1 Barabai, tari Surung Apam oleh Siswa MTsN Batu Benawa serta ditandai pengalungan bunga oleh Bupati HST kepada Ketua Tim Mayor Infanteri Ardian Triwasana. advhst