BARABAI, metro7.co.id – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan pimpin peringatan HUT PMI HST ke-75, di halaman Kampus STAI Al-Washliyah Barabai, Kamis (17/9).

Sambutan Ketua Umum PMI Indonesia, H M Jusuf Kalla yang dibacakan Wabup HST mengatakan, karena peringatan HUT PMI ini masih berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19.

“Saya atas nama Pengurus Pusat, mengimbau kepada seluruh jajaran pengurus, staf dan relawan PMI, serta para pemangku kepentingan organisasi untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Disebutkan juga momentum ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukan apa dan bagaimana PMI itu bekerja dimasa-masa yang sulit sekalipun.

“PMI sebagai satu-satunya perhimpunan nasional di Indonesia yang didirikan berdasarkan konvensi-konvensi Jenewa,” ucapnya.

Berry mengajak dan mendorong agar PMI meningkatkan keikutsertaan relawan muda untuk berpartisipasi aktif disetiap gerakan kemanusiaan.

“Sejak dini, mereka harus didorong untuk berperan menjadi pelopor untuk menyebarkan pemahaman kepada sebayanya dan masyarakat, bahwa pentingnya gerakan kemanusiaan dalam kehidupan saat ini,” bebernya.

Sebab kata Berry, “Pengabdian Sejak Dini Untuk Generasi Berkemanusiaan di Masa Datang” yang berarti kaum muda sebagai agen perubahan.

“Kehadiran PMR yang berpangkalan di setiap sekolah, baik Mula, Madya, maupun Wira akan menjadi ‘peer educator’, yakni penyampai pesan, contoh, dan teladan, serta kegiatan edukasi lainnya,” ujarnya.

Berry berpesan, PMI terus berjuang, kemanusiaan harus selalu ditegakkan! Selamat Hari PMI (Palang Merah Indonesia) ke 75.

Sementara itu, Ketua Plh PMI HST, Suhaimi menambahkan, HUT PMI ini dilaksanakan dalam pandemi Covid-19, harapan terbesar Bumi Murakata bisa keluar dari zona merah.

Lanjutnya, dengan harapan peran serta masyarakat, terutama tuan guru memberikan contoh untuk memakai masker dalam aktifitas kesehariannya.

“Karena beliau-beliau lah sebagai panutan masyarakat. Dengan demikian harapan pemerintah dan kita semua bisa terwujud menjadikan HST terbebas dari pandemi Covid-19,” tutupnya.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tompeng oleh Wabup HST sebagai ucapan syukur HUT PMI ke-75.

Turut berhadir, Camat, Kapolsek dan Danramil Pandawan, Ketua PMI HST, Relawan PMI, perwakilan PMR sekolah, serta undangan lainnya. *