AMUNTAI, metro7.co.id – Sosialisasi dampak pengelolaan sampah terhadap lingkungan digelar di Gedung Agung Amuntai, Selasa (20/2/2024).

Sosialisasi itu diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) HSU.

Hadir pada kegiatan Penasehat DWP HSU Gusti Elvira Riana Dewi Sari Zakly, Ketua DWP HSU Mislena Marangkir Adi Lesmana dan diikuti pengurus serta anggota DWP HSU.

Kepala Disperkim LH HSU Hermani Johan mengatakan, sosialisasi ini penting dalam memberikan pemahaman terkait pengelolaan sampah.

Mengatasi masalah sampah tidak hanya ditujukkan kepada pemerintah saja, melainkan tanggung jawab semua.

“Sudah saatnya kita mulai peduli akan masalah sampah,” ujarnya.

Karena dengan membuang sampah sembarangan tanpa adanya pengelolaan akan menimbulkan dampak, mulai dari merusak pemandangan, menimbulkan bau tidak sedap, dan dapat menggangu kesehatan lingkungan.

Untuk mengurangi masalah sampah tersebut diperlukan kesadaran semua, diantaranya membeli produk dengan kemasan yang ramah lingkungan, menggunakan kantong belanjaan yang dapat digunakan kembali.

Kemudian, daur ulang bahan yang sudah tidak terpakai atau mengelola sampah plastik menjadi kertas daur ulang atau mengelola botol plastik menjadi serat yang bisa digunakan untuk membuat produk lain seperti baju dan tas.

“Kami harap dengan sosialisasi ini ibu-ibu atau ibu rumah tangga mendapat pengetahuan tentang pengelolaan sampah,” katanya.

Diketahui, sosialisasi dampak pengelolaan sampah terhadap lingkungan merupakan rangkaian kegiatan pertemuan bulanan DWP HSU. ***