BANJARMASIN – Sungai Martapura sekarang kotor lagi dengan banyaknya sampah eceng gondok yang mulai banyak terlihat, sedangkan kapal pembersih sungai (sapu-sapu) yang biasa menjaring sampah di aliran sungai Martapura tidak sanggup membersihkan karena terlalu banyak.

Selama tiga hari ini eceng gondok (ilung) bahasa banjar berdatangan sehingga sungai Martapura terkesan kotor dengan banyaknya sampah tersebut, bahkan bantu relawan para juragan perahu kapal (klotok).

Pada saat salah satu wisatawan lokal dari daerah Jawa asal daerah Surabaya (Damayanti) mengatakan sangat di sayangkan karena kota Banjarmasin sudah banyak kemajuan tapi aliran sungainya banyak sampah. Lain hal nya dengan Nadia wisatawan lokal asal Palangkaraya juga membenarkan hal tersebut.

“Kotanya bagus ditambah ada wisata susur sungai, tapi sungainya banyak sampah, tegasnya.

Publik di Banjarmasin turut berharap agar Pemerintah Kota segera bertindak, agar aliran sungai dapat bersih lagi dan terbebas dari sampah kiriman dari sungai lain, sehingga kedepannya kota Banjarmasin dapat meraih kembali Adipura tahun yang akan datang. (metro7/ad)