Barabai — Bupati Hulu Sungai Tengah H Harun Nurasid didampingi ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid menghadiri sosialisasi program KIBBLA (Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Anak Balita), di Aula Kecamatan Haruyan, HST. Senin (10/8)
Dalam laporannya, kepala Dinas Kesehatan HST, Kusudiarto, menyampaikan tujuan program Kibbla untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kedepan dengan hidup yang lebih baik lagi.
“Peningkatan kualitas SDM tersebut dimulai sejak sebelum menikah, calon penganten memeriksakan kesehatan ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi TT (Tetanus Tokson), kemudian pada saat hamil rutin memeriksakan kesehatan ke puskesmas atau posyandu minimal empat kali selama kehamilan dan mendapatkan pelayanan gratis,” jelasnya.
Lebih lanjut, ia menjelaskan, persalinan disarana kesehatan seperti puskesmas, puskesdes dilayani secara gratis dan apabila bermasalah akan dirujuk kerumah sakit, dan selama masa nifas, ibu harus memeriksakan diri kepetugas kesehatan minimal empat kali.
“Ini semua bertujuan untuk mengurangi angka kematian ibu, kematian bayi dan balita,” jelasnya. Pada kesempatan itu, Bupati HST H harun Nurasid menyampaikan, kematian ibu dan anak saat kelahiran tidak bisa dianggap enteng. Kurangnya pengetahuan seputar proses kelahiran merupakan salah satu dari penyebab tingginya kematian ibu dan anak saat proses kelahiran.
“Sosialisasi Kibbla ini sangatlah penting, karena pengetahuan saat akan melahirkan sangat penting untuk diketahui para calon ibu. Penyebaran informasi ini tidak bisa hanya mengandalkan institusi tertentu. Diperlukan kemauan dari masyarakat untuk mengetahui dan mempelajarinya, juga dari pihak-pihak yang tergugah untuk memberikan bantuan,” kata Harun.
Selain itu, orang nomor satu di Bumi Murakata ini mengharapkan agar petugas kesehatan juga selalu aktif dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. “Khususnya saat kehamilan hingga persalinan agar bayi dan balita memiliki kesehatan yang lebih baik,” harapnya.
Kegiatan sosialisasi kibbla ini juga diisi dengan penyerahan paket makanan tambahan bagi ibu hami oleh Bupati HST H Harun Nurasid didampingi Hj Tintainah Harun Nurasid. Penyaluran makanan tambahan bagi ibu hamil ini merupakan bantuan dari pusat. Dan untuk kecamatan Haruyan, sebanyak 17 ibu hamil yang mendapatkan bantuan tersebut. AdvHumHST