Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang disampaikan Bupati Balangan Sefek Effendie pada tanggal 7 April 2012 lalu, mendapat apresiasi positif dari para anggota DPRD Balangan. Dalam penyampaian rekomendasi DPRD Balangan terhadap LKPJ Kepala Daerah Balangan Tahun Angaran 2011 yang berlangsung di gedung DPRD Balangan, para angota tetap memberikan beberapa rekomendasi.  
Ketua DPRD Balangan H Zainuddin mengungkapkan, secara umum penyampaian LKPJ oleh Bupati sudah bagus. Namun ada beberapa catatan untuk diperhatikan pada pelaksanaan di Tahun Anggaran 2012.
“Secara umum kami memberikan apresiasi terhadap LPKJ Bupati. Tapi kami masih memberikan beberapa catatan untuk diperhatikan,” ucapnya.
Total ada 14 poin rekomendasi yang diberikan kepada Bupati Balangan.  Rekomendasi tersebut disusun sebagai bentuk sumbangsih kepada Pemkab untuk lebih meningkatkan kualitas pembangunan di Balangan. 
Di antaranya adalah perlunya pembentukan Tim Pengawasan, Penyelidikan, dan Evaluasi Kinerja PNS di Balangan yang masih sangat perlu ditingkatkan. Terkait masih banyaknya pegawai yang malas melaksanakan tugas, bahkan bolos, sehingga tingkat ketidakhadiran ada yang mencapai ambang batas,” ujarnya.
Selain itu, Zainuddin juga menyoroti pengawasan pekerjaan fisik maupun nonfisik yang masih kurang. Sedangkan dana pengawasan satiap kegiatan disediakan sudah cukup.
“Pelaksanaan tender juga masih belum terjadwal dengan baik. Sehingga pekerjaan terkesan dilaksanakan akhir  tahun,” imbuhnya.
Zainuddin juga meminta agar Pemkab segera meresmikan Asrama Balangan di Martapura. Pasalnya, banyak santri asal Balangan yang ingin menggunakan fasilitas tersebut.
Gedungnya sudah didirikan, namun kabarnya masih belum ada listrik. Mudah-mudahan bisa cepat diselesaikan,’’ katanya.
Sementara, Wakil Bupati Balangan, Ansharuddin mengucapkan banyak terima kasih atas rekomendasi dari dewan tersebut. Dia juga segera menanggapi rekomendasi dari dewan untuk dilaksanakan di Tahun Anggaran 2012.
”Rekomendasi ini adalah hasil dari pengawasan dari dewan. Kami sangat menyambut baik, sebab ini untuk perbaikan Pemkab Balangan sendiri ke depannya,” ucapnya. Metro7/Sri