TANJUNG, metro7.co.id – Penemuan mayat bayi oleh warga setempat di Sungai Tabalong yang sempat menggegerkan warga Desa Bangkiling, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Selasa (16/11/2021) pukul 16.15 WITA lalu akhirnya dirujuk ke Banjarmasin.

Sebelumnya dari kejadian ini, Tim INAFIS Satreskrim Polres Tabalong juga telah melakukan olah TKP dan berkoordinasi dengan Petugas Polsek Banua Lawas dan Puskesmas Banua Lawas yang telah melakukan penanganan lebih awal.

Dan dari hasil pemeriksaan awal pihak Puskesmas Banua Lawas, bahwa kondisi bayi berjenis kelamin perempuan, berat bayi lebih kurang 3 Kg dengan plasenta masih menempel dan diperkirakan bayi meninggal dunia paling lama 2 hari.

Selanjutnya mayat bayi dibawa ke RSUD Badaruddin Kasim Tanjung oleh petugas INAFIS Sat Reskrim Polres Tabalong untuk dilakukan Visum et Repertum.

Kemudian, dari hasil pertimbangan medis rumah sakit, mayat segera dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin untuk dilakukan autopsi untuk mengetahui penyebab dan cara bayi tersebut meninggal dunia.

Kemudian Kasat Reskrim Polres Tabalong AKP Dr. Trisna Agus Brata, S.H., M.H. melalui Tim INAFIS Satreskrim Polres Tabalong bersama pihak RSUD Badaruddin Kasim sudah membawa mayat bayi perempuan tersebut ke RSUD Ulin Banjarmasin sejak Rabu (17/11/2021) dan proses Autopsi masih berlangsung, yang selanjutnya akan dilakukan uji DNA ke Labfor Surabaya.

“Dalam peristiwa penemuan mayat bayi perempuan masih proses penyelidikan Satreskrim Polres Tabalong dan kita tunggu hasil autopsi pihak rumah sakit,” terang Kapolres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin melalui Kasi Humas Polres Tabalong, Iptu Mujiono.*