BATULICIN, metro7.co.id — Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) H. Yaqut Cholil Qoumas resmi Launching program Kampung Zakat di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, di Desa Suka Maju Kecamatan Batulicin, Selasa (17/1/2023).

“Dengan adanya kampung zakat diharapkan bisa menjadi pengingat bahwa seseorang yang sudah berkecukupan agar dapat menyisihkan rezeki untuk disedekahkan,” kata Yaqut Cholil Qoumas.

Melalui program Kampung Zakat ini juga diinginkan mampu menjadi inspirasi bagi para insan untuk memenuhi kewajibannya menunaikan zakat.

Menurutnya, Zakat bersifat amaliah dan ibadah yang selalu mengiringi, didalam Al Qur’an disebutkan dimana seseorang memiliki kewajiban untuk menyisihkan sebagian hartanya sebanyak 2,5 persen untuk disedekahkan.

Selain itu, dengan ikhtiar program kampung zakat juga merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kemenag untuk terus melakukan dorongan guna mempercepat pengentasan kemiskinan di Indonesia.

“Saat ini berdasarkan data bahwa tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai angka 9,57 persen,” sebutnya.

Ia mengibaratkan jika terdapat 260 juta penduduk di Indonesia, maka 22 juta diantaranya adalah masyarakat yang termasuk dalam kategori miskin, dan jumlah tersebut merupakan jumlah yang sangat banyak.

Oleh sebab itu, tahun 2023 program kampung zakat akan lebih dipasifkan lagi ke daerah-daerah lain agar menyeluruh di wilayah Indonesia dengan menambahkan sekitar 1000 kampung zakat.

“Saya berharap besar dengan adanya Kampung Zakat ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga mampu menjadi inspirasi untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia,” pungkasnya.

Ditambah lagi, sudah bekerjasama dengan Lazis Assalam Fill Alamin, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan.

Disamping itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu Muh Rusli mengatakan atas nama Pemkab. Tanbu dan masyarakat menyampaikan terima kasih, serta mengucapkan selamat datang kepada Menag H. Yaqut Cholil Qoumas beserta rombongan atas kunjungan dan silaturrahminya di Bumi Bersujud ini.

“Melalui momentum ini, akan memiliki kesan positif, sehingga dapat berlanjut pada masa-masa yang akan datang,” kata Muh Rusli.

Terlebih, lanjut Rusli, bagi Kab. Tanbu untuk dapat selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan lebih baik, demi kemajuan dan percepatan pembangunan daerah.

Menurut Rusli, Launching Kampung Zakat ini sangat berguna untuk mengembangkan kesejahteraan masyarakat yang meliputi berbagai aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, keagamaan, melalui pemberdayaan zakat.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan lupa membayar zakat di tempat pengumpulan zakat yang resmi, salah satunya melalui Baznas.

Karena dengan membayar zakat di tempat resmi, maka penyaluran zakat akan berjalan lancar dan tepat sasaran.

Acara ini dihadiri Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum Lazis Assalam Fill Alamin Nasional Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo, Wakil Bupati Tanah Bumbu Muh. Rusli, Kepala Kemenag Tanbu H. Rusdi Hilmi, Ketua DPD KNPI Tanbu Andi Rustianto, perwakilan kepala daerah se Kalsel, Forkopimda, Forkopimcan, pemerintah Desa setempat, dan tamu undangan lainnya. ***