BARABAI, metro7.co.id – Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan hari ini canangkan vaksinasi Covid-19, di RSUD H Damanhuri Barabai (9/2).

Turut berhadir, Pj Sekda HST, Kapolres HST, Dandim 1002/Barabai, Danyonif 621 Manuntung, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Kemenag HST, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD H Damanhuri Barabai dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan drg H Kusudiarto menyampaikan, tujuan dilaksanakan vaksinasi agar menurunkan kematian dan kesakitan akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

“Juga memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan menjaga produktifitas serta meminimalkan dampak sosial dan ekonomi,” bebernya.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini pascabanjir besar yang melanda HST, sehingga vaksinasi Covid-19 sedikit mengalami penundaan dibanding Kabupaten lainnya di Kalsel.

Mulai awal tahun 2021 secara bertahap dengan mempertimbangkan kajian epidemiologi dan ketersediaan vaksin Covid-19 dan sarana pendukung lainnya.

“Dosis administrasi diberikan 2 dosis per orang dengan jarak minimal 14 hari, sehingga dapat membentuk kekebalan (antibodi) terhadap Covid-19 secara optimal,” jelasnya.

Selanjutnya Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan menambahkan, di HST pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap awal terhadap tenaga kesehatan yang bertugas di fasilitas pelayanan kesehatan (puskesmas dan rumah sakit/klinik) dengan jumlah sasaran sebanyak 1.755 orang.

Sedangkan, vaksin yang diterima dari gudang farmasi provinsi Kalsel sebanyak 1.500 sasaran (3.000 vial).

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, ia mengimbau seluruh tenaga kesehatan dan warga masyarakat yang menjadi sasaran untuk bersedia dilakukan vaksinasi sebagai bentuk upaya dan ikhtiar kita memutus mata rantai penularan penyakit Covid-19 di banua kita.

“Terima kasih dan penghargaan saya sampaikan kepada bapak/ibu/saudara dan jajaran tenaga kesehatan yang berkenan diberikan vaksinasi Covid-19 pada hari ini sebagai penerima vaksin awal di banua kita,” tutupnya.