KANDANGAN, metro7.co.id – Dalam rangka Monitoring dan evaluasi (Monev) penanganan Covid-19 di Hulu Sungai Selatan (HSS). Tim Satgas Kalsel sambangi HSS, Selasa (03/11/2020).

Tim ini dipimpin oleh Plt Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan, bersama Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta, Danrem 101 Antasari Brigjend TNI Firmansyah beserta rombongan.

Rombongan disambut langsung oleh Bupati HSS H Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, dan Forkompinda HSS di Pendopo setempat.

“Maksud dari kunjungan ini untuk mengetahui kondisi nyata yang ada di lapangan, dari kondisi tersebut bisa dilakukan evaluasi, sehingga bisa menghasilkan langkah-langkah yang maksimal untuk dapat mengendalikan wabah Covid-19 di HSS,” ungkap Rudy Resnawan.

Rudy Resnawan mengapresiasi Bupati HSS beserta jajaran karena telah merespon cepat adanya Covid-19, yang mana HSS menjadi daerah pertama yang mengeluarkan Peraturan Bupati di wilayah Kalimantan Selatan.

Walaupun grafik Covid-19 di HSS melandai, Rudy Resnawan tetap menginginkan tim gugus tugas HSS agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu juga meningkatkan penanganan medis agar dapat menurunkan angka rata-rata kematian Covid-19 di HSS.

Sementara itu, Bupati HSS menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 di HSS. Pemkab HSS dalam proses mendisiplinkan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.

“Kegiatan didukung penuh dari POLRI dan TNI untuk dapat mendisiplinkan masyarakat, selain itu peran ulama juga sangat penting dalam memberikan himbauan dan fatwa dalam melaksanakan ibadah di masa pandemi,” kata Bupati.

Diterangkan Bupati, untuk terus dapat menggerakan roda ekonomi, Pemkab HSS tidak memungut retribusi dari para pedagang sehingga meringankan beban pedagang selama pandemi.

“Para pengusaha di HSS juga turut serta membantu Pemkab HSS untuk menangani Covid-19 di HSS dengan cara memberikan sumbangan masker,” terangnya. *