TANJUNG – Darurat asap di tabalong kian memprihatinkan makin banyaknya pembakaran lahan yang dilakukan warga untuk bercocok tanam mempuat udara di bumi saraba kawa makin tidak sehat
PT.Astra Agro Lestari 1 perusahaan perkebunan terbesar di Tabalong tidak mau berdiam diri gerakan pencegahan penyakit ISPA dilakukan dengan melakukan program bagi bagi masker pada masyarakat di wilayah Tabalong terutama di sekitar kebun, Sabtu (12/9/2015)
Bagian Kehumasan  PT Astra Heri Satria mengatakan, kegiatan ini program CSR kesehatan untuk bagi – bagikan masker pada masyarakat guna menghindari   penyakit  berbahaya dimusim asap kabut sekarang ini.  Sebab pernapasan  masyarakat sangat berpengaruh di musim – musim sekarang ini,  terutama   anak-anak pelajar bahkan  orang dewasa.
Lewat   program bagi – bagi  masker buat masyarakat dari kalangan pelajar sampai masyarakat umum,  team CSR PT Astra (CDO) langsung turun kelapangan kesekolah sekolah  membagikan masker sebagai wujud kepedulian perusahaan buat masyarakat sekitar.
Agenda membagikan masker dilakukan ke sekolah – sekolah,  pasar rakyat dan jalan –  jalan umum di wilayah Tabalong terutama sekitar kebun PT Astra.
Martoni salah satu warga mengatakan sangat berterima kasih atas program bagi – bagi masker tersebut. Sebab di desa – desa memang sangat butuh masker apa lagi saat berada di luar rumah asap pekat kadang mengganggu pernapasan, “dengan adanya program ini kami masyarakat sangat terbantu dan bisa terhindar dari penyakit pernapasan,” katanya.
Pantauan Metro7, ribuan masker sudah terdistribusi pada masyarakat dan sangat membantu kenyaman warga bahkan tim CSR PT Astra tidak tanggung tanggung dalam program bagi – bagi masker. Pihak Astra juga membawa tenaga medis perawat guna memberikan pertolongan langsung ketika ada warga yang terkena penyakit akibat udara yang tidak sehat di dua minggu terakhir ini. (metro7/rz)