TANJUNG – Menjelang tibanya bulan Ramadhan yang bertepatan juga dengan masa liburan sekolah, PT Sapta Indra Sejati (SIS) menggelar sunatan dan pengobatan masal bagi masyarakat di Kecamatan Tanta dan Muara Harus.
Untuk Kecamatan Tanta, sunatan masal dilaksanakan di depan SDN 1 Tanta, sedang pengobatan masal dilaksanakan di Puskesmas Pembantu Desa Padangin.
Menurut Kepala Puskesmas UPT Tanta, Shinta Kemala Sari SKm, sunatan masal ditargetkan untuk 100 orang anak. Sedangkan pengobatan masal tidak dibatasi.
Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama PT SIS dengan Dinas Kesehatan serta Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmsin dalam Gerakan Inisiasi Optimalisasi Peran, Tugas, Fungsi Tanggungjawab Praktisi Kesehatan di Pelosok Negeri yang merupakan Bhakti Mahasiswa Melalui Cinta.
Dalam dua kegiatan di dua desa berbeda hari Minggu (8/7/2012) kemarin itu, masyarakat tampak antusias. Mereka berbondong-bondong mendatangi tempat pengobatan termasuk membawa anak-anak mereka untuk disunat.
 Beberapa warga warga Desa Luk Bayur Kecamatan Tanta mengucapkan terima kasih mereka yang tulus kepada pihak pelaksana, utamanya PT SIS yang telah memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga masyarakat.
“Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada PT SIS yang telah menyelenggarakan kegiatan ini secara gratis, sehingga kami tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk sunatan,” ujar Arun, salah seorang warga Desa Luk Bayur.
Staf PT SIS, Didi Cahyadi kepada Metro7 usai meninjau kegiatan tersebut di Puskesmas Pembantu Desa Padangin menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun melalui program CSR Group yang diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat, di samping upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
“Untuk tahun 2012, program sunatan masal maupun pengobatan gratis dilaksanakan di seluruh kabupaten dalam wilayah operasional perusahaan pertambangan, baik di Kabupaten Tabalong, HSU, Balangan, maupun Bartim. Di Kecamatan Muara Harus, pelaksanaannya tanggal 17 Juli mendatang,” pungkas Didi Cahyadi. Metro7/Via