TANJUNG – Warning bagi para pemain pungutan liar di Kabupaten Tabalong. Sebab, kini Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) sudah bersiap untuk menyapu bersih tindakan yang merugikan masyarakat ini.
Satgas Saber Pungli yang beranggotakan dari Polres, TNI, Kejaksaan dan Pemkab Tabalong ini bakal dikukuhkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani pada Senin (16/1) di Pendopo Bersinar dan menghadirkan seluruh stakeholder yang terkait pelayanan kepada masyarakat.
“Senin ini akan kita kukuhkan Satgas Saber Pungli Tabalong,” kata Bupati saat Rakor Satgas Pungli, Kamis tadi di Aula Penghulu Rasyid.
Dengan adanya Satgas Saber Pungli di Tabalong, Bupati Anang memastikan kehadiran Satgas ini bukan untuk mencari korban, tapi yang paling utama adalah untuk pencegahan terjadinya pungli di wilayah Tabalong.
Khusus untuk jajaran Pemkab Tabalong, dikatakan Anang pihaknya sudah melakukan evaluasi dan identifikasi terhadap Instansi pelayanan-pelayanan yang berpotensi terhadap pungli. Termasuk antisipasi semua kantor baik di perkotaan hingga desa diintruksikannya membuat spanduk bebas pungli dengan memasang foto Kepala SKPD atau kantor yang bersangkutan.
“Jadi bila ada di kantor tersebut ditemukan pungli, maka yang terlebih dahulu ditindak adalah pimpinannya,” katanya lagi.
Sementara Kapolres Tabalong, AKBP Hardiono juga memastikan dengan adanya Satgas Saber Pungli ini, maka sapu bersih terhadap kegiatan pungli pastinya dilaksanakan. Namun, sebagai Pelaksana Satgas Saber Pungli Tabalong, dia memastikan Satgas terlebih dahulu mengupayakan tindakan pencegahan sebelum melakukan tindakan.
“Bila memang tindakan pencegahan atau peringatan agar tidak pungli diindahkan, maka pastinya kita akan sikat para pelaku pungli tersebut,” tegas Kapolres.