rumah belajar
Tanjung — Kepedulian PT Adaro Indonesia terhadap kemajuan pembangunan di sekitar wilayah operasionalnya tidak terbantahkan lagi. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya proyek pembangunan yang pendanaannya dibantu oleh perusahaan tambang batubara ini.
Beberapa mega proyek yang dilaksanakan oleh PT Adaro Indonesia melalui Corporate Social Responsibility (CSR) antara lain Tabalong Islamic Center, Tanjung City Centre dan PLTU. Selain itu ada juga pemberian beasiswa dan sejumlah program lainnya.
Bukan itu saja, PT Adaro Indonesia juga siap mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Tabalong membangun Gedung Seni dan Budaya di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.
Jajaran manajemen PT Adaro Indonesia menilai berbagai ragam seni dan budaya yang ada di Kabupaten Tabalong tentu harus dibina dan di lestarikan. Pasalnya, upaya melestarikan seni dan budaya merupakan salah satu investasi jangka panjang yang bisa diwariskan terhadap para generasi muda.
Dengan memahami seni dan budaya, di dalam diri generasi muda akan tumbuh rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap kesenian dan kearifan budaya daerah yang telah tumbuh di tengah-tengah kehidupan masyarakat sejak zaman dahulu. Apalagi seiring kemajuan zaman, banyak sekali seni dan budaya lokal yang terpinggirkan atau bahkan terlupakan.
Komitmen PT Adaro Indonesia membantu pembangunan Gedung Seni dan Budaya itu diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ir H Arifin Noor MT saat menghadiri acara syukuran di rumah Ketua NQ Organizier, H Mansyah SSos yang akrab disapa H Ining, di Desa Sulingan Kecamatan Murung Pudak, Jum’at (1/2) malam lalu.
Menurut Arifin, rencana pembangunan gedung ini dimaksudkan sebagai wadah menampung berbagai seni dan budaya di Tabalong agar dapat dibina oleh pemerintah daerah. “Seni dan budaya merupakan aset yang bisa dijadikan sebagai bagian dari pariwisata di daerah,” katanya.
Acara yang dihadiri oleh anggota NQ Organizer ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur karena penyelenggaraan Festival Ad Durun Nafis ke XIV tahun 2013 yang mereka laksanakan berlangsung dengan lancar. Kesuksesan tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua panitia yang terdiri dari NQ Organizier, Glanstar dan Ikatan Remaja Mesjid Al-Abrar Sulingan.
Dalam sambutannya, H Ining mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kekompakan semua anggota panitia sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan sukses dan lancar. Terlebih kepada para donator yang turut membantu sehingga ajang tahunan ini bisa terselenggara dengan sukses.
Sementara Ir H Arifin Noor MT selaku Dewan Pembina NQ Organizer pada kesempatan itu berpesan kepada semua panitia pelaksana Festival Ad Durrun Nafis XIV agar selalu berupaya meningkatkan rasa kebersamaan di dalam berorganisasi. Menurutnya, berorganisasi merupakan cikal bakal bagi remaja untuk menuju sukses. “Banyak orang yang sukses berlatar belakang dari pengalaman berorganisasi,” ungkapnya.
Acara syukuran ini diisi dengan do’a dan makan bersama. Tidak ketinggalan, hiburan musik organ tunggal turut menambah semaraknya rasa kebersamaan antar sesama panitia. Metro7/Via