Tanjung, –Dinas Pertanian Tanaman Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tabalong melalui bidang produksi tanaman pangan dan hultikultura akan mengembangkan tanaman bawang merah dengan luas areal 10 hektar di kecamatan muara uya, kecamatan jaro dan kecamatan murung pudak.
 Mengingat sebelumnya pada tahun 2011-2012 telah dilakukan percobaan penanaman bawang merah pada lahan seluas 5 hektar bekerjasama dengan kelompok tani binaan yang ternyata hasilnya cukup memuaskan dengan rata-rata 10 ton per hektar, oleh karena itu tahun 2013 ini kami akan melakukan perluasan lagi pengembangannya dengan luas areal 10 hektar, hal tersebut di jelaskan Kabid Tanaman Pangan dan Hultikultura pada Distanakan Kabupaten Tabalong Syam,ani melalui kasinya M Yusran Rabu (28/8) tadi di temui di ruang kerjanya.
Ia menambahkan bagi kelompok tani yang mau mengembangkan tanaman bawang merah pihaknya bekerja sama dengan Distan provinsi dan balai pengawasan sertifikasi benih akan memberikan bantuan bibit benih termasuk pendampingan teknis oleh PPL, bagaimana cara pemupukan penggunaan pupuk organik dan perawatan yang baik sehingga bias menghasilkan produksi sesuai harapan.
 “Perlu diketahui penanaman bawang merah pada lahan basah sebaiknya pada saat musim panas dan pada lahan kering pada musim penghujan. Sekarang ini harga bawang merah tergolong mahal sehingga kalau kita mau mengembangkannya hasilnya tentu bisa meningkatkan pendapatan para petani kita” ucap M Yusran. Metro7 / Via