TANJUNG, metro7.co.id – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pramuka se Kabupaten Tabalong, Selasa (1/8), di Aula Pendopo Bersinar Pembataan.

Kegiatan rakercab juga dilanjutkan dengan sidang paripurna Dewan Kerja se Kwarcab Tabalong dengan dihadiri sekitar 150 orang peserta.

Dalam sambutannya Bupati H Anang Syakhfiani menyampaikan, gerakan pramuka itu dalam konteks pembinaan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan organisasi yang lain.

“Karenanya betapa besar harapan kita semua, agar melalui gerakan pramuka kita bisa menghasilkan generasi muda-generasi muda yang berkualitas dan siap untuk melanjutkan pembangunan, melanjutkan kepemimpinan bangsa dan negara,” bebernya.

Berbicara mengenai gerakan pramuka di Kabupaten Tabalong, ia memberikan apresiasi kepada ketua kwarcab beserta jajaran, dan ia harus mengatakan, dari waktu ke waktu upaya pembinaan yang dilakukan oleh kwarcab Kabupaten Tabalong mengalami peningkatan yang signifikan.

“Agar upaya pembinaan ini terus dilakukan dan tetap berbasis sekolah yang bergabung dalam gerakan pramuka, kita semua meyakini bahwa pembinaan generasi muda melalui jalur gerakan pramuka itu lebih baik dan meyakinkan,” jelasnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong, H Mawardi melaporkan, peserta kegiatan adalah utusan cabang yang terdiri atas Andalan Kwartir Cabang Kabupaten Tabalong, Pengurus Dewan Kehormatan Kwarcab, Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab, Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang, Pimpinan Satuan Karya Pramuka, Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwarcab, Anggota Dewan Kerja Cabang, Utusan setiap ranting yang terdiri atas Ketua dan Sekretaris Kwartir Ranting, Ketua dan Wakil Ketua Dewan Kerja Ranting.

“Adapun agenda kegiatan adalah laporan pelaksanaan program kerja (progja) tahun 2022 dan rancangan program kerja tahun 2023 Kwarcab Tabalong, penyampaian laporan pelaksanaan program kerja tahun 2022 dan rancangan program kerja tahun 2023 Dewan Kerja Penegak dan Pandega (DKC) Kwarcab Tabalong, penyampaian laporan hasil rekomendasi rakercab 2023 dan rekomendasi Sidparcab 2023,” tutupnya.