TANJUNG – Kepengurusan Pramuka Kabupaten Tabalong baik itu Mabicab serta Kwarcab resmi dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah, Sabtu (14/9/2019).

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Tabalong yakni Bupati H Anang Syakhfiani dalam sambutannya berharap agar gerakan pramuka Bumi Sarabakawa dapat lebih berkembang dan kedepanya berhasil melahirkan generasi yang amanah dan berakhlakul karimah.

Dimana sebutnya, dengan memiliki jiwa kepemimpinan yang andal serta mampu menunjukan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

“Sikap dasar kepanduan yang patriotik, ulet, rela berkorban dan pantang menyerah serta selalu siap siaga untuk kerja keras dalam iklim kebersamaan, sebagaimana tercermin dalam dasa dharma pramuka kira patut lebih ditingkatkan lagi oleh Kwarcab Tabalong periode sekarang,” ucapnya

Sementara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah berharap Kabupaten Tabalong mampu membawa kemajuan bagi Gerakan Pramuka di Kalsel.

Dikatakannya gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda.

Gerakan Pramuka selalu berupaya memberikan layanan pendidikan bagi segenap anggotanya dengan mengedepankan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, sosial dan wawasan kebangsaan.

“Seperti yang terdapat dalam Tri Satya dan Dasadarma Pramuka akan tercipta generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa,” ucapnya.

Hj Raudatul Jannah juga menjelaskan, gerakan pramuka saat ini memiliki beberapa tantangan salah satunya adalah era globaliasi yang serba cepat .

Informasi dan perkembangan teknologi pada saat ini harus dibarengi dengan kemampuan anggota pramuka. Ini dilalukan agar pramuka tidak tertinggal dalam perkembangan zaman.

Dirinya berharap kepada Kwarcab Tabalong agar lebih dinamis dan profesional dalam memberikan pendidikan kepramukaan.

“Sebagaimana harapan kita bersama pada tahun 2019 ini untuk bersama-sama melakukan revitalisasi gerakan pramuka di banua,” pungkasnya.

Dalam pelantikan ini, sebanyak 42 orang Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Tabalong yang telah dilantik terdiri dari unsur Forkopimda serta seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Sedangkan untuk 92 orang pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Tabalong tediri dari, unsur TNI-Polri, ASN, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tenaga profesional serta elemen masyarakat lainnya. (metro7/via)