Tanjung — Musibah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Tabalong, meninggalkan banyak kerusakan infrastruktur. Sejumlah jalan dan jembatan dilaporkan telah mengalami kerusakan, serta tanah longsor di beberapa titik.
Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tabalong telah melakukan pendataan terhadap sejumlah kerusakan fisik jalan dan jembatan.
Kepala Dinas PU Kabupaten Tabalong Ir H Noor Rifani SH MT mengatakan dari hasil survey yang dilakukan oleh jajarannya ada beberapa objek yang perlu menjadi perhatian dan dilakukan upaya perbaikan seperti penanggulangan kemungkinan terjadinya longsor yang lebih parah lagi terhadap objek vital jembatan Sulingan dan Jembatan Kapar dimana akibat banjir yang lalu tanah tepi sungai Tabalong dekat objek kedua jembatan mengalami longsor yang perlu kita perhatikan, untuk itulah Dinas PU Tabalong telah membuat surat laporan yang disampaikan ke Pemerintah Daerah melalui Sekda Tabalong guna dilakukan Telaahan Staf (TS).
H Noor Rifani menambahkan dari hasil survey tim Dinas PU ke sejumlah kecamatan pasca banjir khususnya di wilayah tengah dan selatan, ada beberapa volume yang harus segera dilakukan penanganan untuk perbaikan sejumlah infrastruktur jalan maupun jembatan termasuk upaya meminimalisir longsor susulan di sekitar objek vital jembatan Sulingan dan jembatan Kapar.
“Mudah-mudahan ada solusinya walaupun itu merupakan kewenangan dari pihak propinsi atau nasional, namun karena keberadaannya berada di tengah-tengah kota maka kita harus segera melakukan upaya penanggulangan dampak kerusakan,” kata Fani. Metro7/Via