TANJUNG, metro7.co.id – Seluruh desa di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong usulkan 236 perencanaan pembangunan pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025.

Diketahui usulan terbanyak ada sebanyak 90 usulan yang ditujukan kepada Dinas PUPR Kabupaten Tabalong terkait perbaikan infrastruktur jalan.

Disampaikan oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tabalong, H Sujadi, bahwa berdasarkan usulan dari hasil rekapitulasi pada aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), untuk Kecamatan Tanta sendiri total ada 225 usulan yang ditujukan kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ada 236 usulan, tapi di Bappedalitbang itu 225, mungkin nanti perlu disinkronkan lagi,” ujarnya, Senin (22/1/2024) saat pembukaan Musrenbang RKPD 2025 tingkat kecamatan.

Sebanyak 236 yang telah diusulkan, Sujadi menjelaskan usulan ditujukan kepada 14 OPD dan paling banyak usulun itu terkait usulan infrastruktur jalan yang ditujukan kepada Dinas PUPR Kabupaten Tabalong.

Pada hari ini, kata Sujadi langsung dilakukan kompilasi dan juga pendalaman terkait usulan-usalan desa tersebut, apakah memenuhi kaidah-kaidah perencanaan terutama terkait kesiapan di lapangannya.

“Tentunya itu akan menjadi desk yang nanti akan dicermati oleh masing-masing OPD,” terangnya.

Disamping itu, Sujadi menambahkan skala prioritas pembangunan saat ini adalah infrastruktur yang kondisinya sangat rusak, tentunya datanya ini real dari kondisi jalannya.

Selain infrastruktur fisik jalan, Sujadi menerangkan ada juga prioritas -prioritas lainnya yakni, isu pembangunan, seperti isu penanganan stunting, penanggulangan kemiskinan, menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan pengendalian inflasi.

“Dari isu-isu strategis itulah kita lihat yang mana menjadi skala prioritas,  berdasarkan data permasalahan dan isu strategis yang ada didalam dokumen RPD 2025-2026,” jelasnya. ***