PARINGIN – Dinas Kesehatan kabupaten Balangan baru-bari tadi gelar kegiatan rutin yakni membahas kematian ibu dan bayi. Saat ini  kematian ibu sampai oktobr 2014 sebanyak 7 orang dan meningkat dari tahun 2013 lalu,sedangkan pada tahun 2013 lalu hanya   3 orang saja dan penyebabnya kebanyakan  hypertensi dan pendarahan.
Sedangkan untuk kematian Bayi sebanyak  38 orang sampai  oktober 2014  penyebabnya adalah gangguan pernapasan bayi dan berat lahir rendah (BBLR).
Sampai saat ini pihaknya akan terus mengupayakan menekan angka kematian pada ibu dan bayi serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara menjaga kandungan yang baik dan cara melahirkan secara normal.
Saat ini dinas kesehatan kabupaten Balangan telah mengupayakan pelayanan yang baik terhadap masyarakat baik disektor pelayanan rumah sakit maupun disektor pelayanan puskesmas-puskesmas terdekat.
Sehingga pada tahun ini dinas kesehatan memprogramkan pelayanan tentang penekanan angka kematian terhadap ibu dan bayi. Dampak dari kematian ibu dan bayi akibat masyarakatnya lebih dahulu minta pertolongan terhadap dukun ataupun bidan kampung untuk proses melahirkan sehingga apabila terjadi naiknya tekanan darah si ibu akibatnya proses melahirkan akan sulit dan bisa menyebabkan kematian terhadap ibu dan bayi. (metro7/sri)