TANJUNG, metro7.co.id – Kelompok Tani Rukun Tani Sentosa Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan menggelar acara budaya tradisi ” wiwitan ” ( syukuran mengawali panen padi ) seluas 178 hektar periode April – September 2020 di Baruh Bilulang, Desa Bilas Kecamatan Upau. Rabu (30/09).

Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur para petani kepada sang pencipta atas anugerah dan nikmat yang diberikan sehingga padi yang ditanam berhasil tumbuh dengan baik dan siap dipanen.

Acara rutinitas yang dilaksanakan setiap mengawali panen ini juga merupakan bagian dari budaya tradisi adat istiadat petani setempat.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Tabalong H Mawardi, Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori, Dandim 1008 Tanjung, Letkol Inf. Ras Lambang Yudha, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Satuan Satpol PP, Kepala Dinas Perhubungan, Camat Upau, Danramil dan Kapolsek Upau serta Kepala Desa Masingai II, Kepala Desa Bilas juga anggota Kelompok Tani Rukun Tani Santoso.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi, menyampaikan rasa haru dan bangga terhadap para petani yang meskipun ditengah wabah Corona tetap bisa melaksanakan usaha kegiatan pertanian yang pada gilirannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Tabalong, sangat mengapresiasi semangat kerja petani dan berharap semakin tahun semakin meningkat,” ujar Mawardi.

Selain itu, tambahnya, acara wiwitan ini perlu terus dilestarikan sebagai upaya menjaga budaya tradisi yang sudah ada sejak nenek moyang.

” Wiwitan ini kalau dalam bahasa Indonesia adalah memulai atau mengawali yg maksudnya adalah acara selamatan doa bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rejeki yang diberikan, yakni tanaman padi yang baik, tidak diserang hama dan siap dipanen,” imbuhnya lagi.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Masingai II, Sabar Susilo, bahwa kegiatan wiwitan rutin dilaksanakan untuk meneruskan warisan budaya nenek moyang dengan harapan hasil panen makin bertambah dan berkah.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Rukun Tani Santoso, Maryadi mengatakan, sejak hari ini diawali besok dan seterusnya akan dilakukan panen padi secara serentak.

Dalam kesempatan acara wiwitan ini dilaksanakan panen perdana oleh Wakil Bupati Tabalong yang didampingi Kapolres Tabalong dan Dandim 1008 Tanjung.

Kegiatan yang dilaksanakan dilokasi persawahan ini tetap mematuhi protokol kesehatan.