PONTIANAK, metro7.co.id – Gubernur Kalimantan Barat, melalui Assisten III, Sekundus, mengatakan bahwa, Gerakan Koperasi harus dapat memberikan perhatian serius pada kaderisasi. Pesan ini disampaikannya, saat membuka acara Musyawarah Wilayah (Muswil), Dekopin Kalimantan Barat, di Grand Mahkota Hotel, Pontianak, Sabtu Siang (17/10/20).

Menurut Sekundus, perkembangan teknologi, khususnya digital membutuhkan peran anak-anak muda yang kreatif. Oleh karena itu, Koperasi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini.

“Pemerintah Provinsi Kalbar akan memberikan perhatian khusus pada kiprah anak-anak muda ini khususnya di bidang Koperasi,” tambah Sekundus.

Harapan Pemerintah Provinsi Kalbar tersebut, disambut oleh Dekopinwil dengan memilih figur muda Ketua Dekopinwil yang baru, Dian Eka Muchairi secara aklamasi melalui Muswil yang berdasarkan AD, serta disahkan dalam oleh Keppres No.06/2011.

Dian Eka yang juga seorang anggota DPRD Kota Pontianak ini, menyambut baik harapan Gubernur Kalbar untuk memberi peran pada generasi muda. “Biar yang senior yang memutuskan kebijakan umum, tapi eksekusi kebijakan akan saya berikan peluang pada generasi muda,” ujar politisi Partai Hanura ini.

Kiprah anak muda menjadi sorotan khusus dalam Muswil kali ini. Sekjen Dekopin Pusat, Sarjono Asman, mengakui ada stagnasi organisasi jika kaderisasi tidak menjadi prioritas. Karena itu, Dekopin berdasarkan AD dalam Keppres 06/2011 sangat membatasi masa jabatan dalam kepemimpinan Dekopin. “Pembatasan masa jabatan itu sangat krusial untuk menjamin rotasi kepemimpinan di tubuh gerakan koperasi,” ujar Sarjono.

Karena itu, sangat aneh, menurut Sekjend Dekopin, bila ada yang bicara peran anak muda di koperasi, tapi membiarkan sistem yang mempertahankan status quo bahkan mendukungnya. Pembatasan masa jabatan adalah tradisi dalam sistem organisasi publik yang demokratis di seluruh dunia.

“Karena itu, menjamin perubahan yang menjadi keharusan seluruh organisasi modern dalam menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan zaman yang berubah dinamis. Jangan sampai ada anak muda di Koperasi justru menjadi pendukung sistem yang anti demokrasi dan menolak rotasi kepemimpinan yang sehat,” tambah Sekjend.

Selanjutnya, Sekjend Dekopin menyambut baik atas terpilihnya Dian Eka Muchairi sebagai Ketua Dekopinwil Kalimantan Barat, sekaligus menyampaikan ucapan selamat dari Ketua Umum Dekopin, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP.

“Ketua Umum Dekopin sangat memberi perhatian serius pada anak-anak muda yang berkiprah di koperasi. Dian Eka Muchairi adalah generasi muda yang akan memberi warna pada gerakan koperasi,” ujar Sarjono.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Sarjono Amsan menyampaikan dua Program Pokok Dekopin, yaitu, Digitalisasi Koperasi dan Program Ketahanan, Kemandirian menuju Kedaulatan Pangan.

Ketua Tim Ketahanan Pangan Dekopin, Imam Faturrahim, yang hadir saat Muswil Dekopin Kalbar menyampaikan pentingnya keterlibatan koperasi khususnya anggotanya dalam program yang akan mengintegrasikan hulu dan hilir dalam produk pangan ini.

“Ini juga untuk mendorong anak-anak muda masuk kembali ke pertanian. Nah, untuk masuknya anak muda ke pertanian, maka harus ada insentif yang lebih menjanjikan sehingga anak muda kembali menjadi petani,” tambah Imam. *