TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Harara, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), telah ditetapkan sebanyak 3 orang.

Acara Penetapan Calon Kepala Desa (Kades) dan pencabutan nomor urut, serta penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dilaksanakan di Balai Desa Harara, Senin (22/5/2023).

Dalam acara tersebut hadir para calon Kades dengan nomor urut 1 atas nama Triyono. Nomor urut 2, Kades petahana Riwayani. Nomor urut 3 atas nama Againo. Turut hadir pula BPD Harara, Perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta warga masyarakat dan undangan lainnya.

Usai kegiatan, Ketua Pemilihan Kades Harara, Sumiyanto, mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap dalam Pilkades ini sebanyak 120 KK.

“Menurut saya, pemilihan Kepala Desa memang perlu, istilahnya harus dilaksanakan. Sebab, desa ini kan masih banyak kekurangan. Jadi memerlukan pemimpin, supaya lebih memperhatikan desanya. Apa-apa yang belum diselesaikan, agar bisa lanjut diselesaikan,” katanya.

Menurut Sumiyanto, warga berharap Desa Harara ke depan harus ada perubahan-perubahan yang lebih bagus.

“Untuk saat ini kan masih banyak kekurangan-kekurangan. Jadi siapa pun yang terpilih nanti, agar bisa membenahi kekurangan-kekurangan itu,” ujarnya.

Sumiyanto menjelaskan, yang diutamakan di Desa Harara adalah sumber daya manusia, yang saat ini dirasakan masih kurang.

“Jadi bagaimana nanti mereka yang naik menjadi Kepala Desa, agar bisa memperhatikan masalah sumber daya manusia, pembangunan, dan banyak lagi,” tegasnya.

Sumiyanto mengimbau warga Desa Harara agar pada pencoblosan nanti menggunakan hak pilih sesuai hati nuraninya.

“Jangan sampai terjadi keributan. Saya berharap Pilkades ini berjalan damai, karena namanya demokrasi siapa yang meraih suara terbanyak, itu yang jadi pilihan masyarakat. Kita harus menerimanya,” ucapnya.

Sumiyanto menyebutkan, tempat pemungutan suara di Desa Harara cuma satu RT, hanya satu TPS saja. *