TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera AY Mebas membuka secara resmi acara bimbingan teknis atau Bimtek penataanusaha dan pelaporan keuangan SIPD, di Gedung Pertemuan Umum Mantawara. Jum’at (19/3/2021).

Pelatihan dengan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD bagi keuangan daerah di Kabupaten Barito Timur tersebut menghadirkan Narasumber dari direktur pelaksana dan pertanggungjawaban keuangan daerah direktorat jendral bina keuangan daerah kementrian dalam negeri, Horas Maurits Panjaitan.

Dalam sambutanya, Bupati Ampera mengatakan bahwa sesuai peraturan mentri dalam negeri nomor 77 tahun 2020 mengamanahkan pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah dalam hal ini, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, baik tingkat provinsi hingga kota/kabupaten menyususn perencanaan dan pengelolaan anggaran yang dilaksanakan dalam satu tahun kedepan.

Dalama pengelolaan keuangan daerah, lanjut Ampera, ada cara dan pola baru berupa tuntutan agar melakukan pengelolaan keuangan daerah yang bertujuan bagi kepentingan publik.

“Maka dari itu, dalam rangka peningkatan kinerja aparatur sipil negara atau ASN dalam menjalankan organisasi pemerintahan khususnya bidang pengelolaan keuangan daerah pemerintah Bartim bersama dengan direktorat jendral bina keuangan daerah kementrian dalam negeri menyelanggaraakan bimtek ini,” ucapnya.

Dirinya berharap kepada semua peserta dapat mengikuti kegiatan secara seksama sampai dengan selesai dengan tertib dan menjaga jarak dalam kondisi pandemi covid 19.

Sementara itu, Kepala BPKAD Bartim, Misnohartaku mngatakan bahwa peserta dalam kegiatan bimtek ini terdiri dari pejabat penatausahaan keuangan atau PPK, Kasubag perencanaan dan keuangan se Bartim dan bendahara pengeluaran.

“Bimtek ini akan dilaksanakan secara dua hari. Jumlah pesertanya kurang lebih 150 orang. Saya harap peserta tetap bersemangat mengikuti bimtek ini. Semoga dengan adanya bimtek ini, pengelolaan keuangan di Bartim semakin lebih mantaf lagi,” pungkasnya. ***