TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas secara resmi melepas pemberangkatan 196 jamaah calon haji tahun 1440 Hijriah / 2019 Masehi kloter kabupaten Bartim di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara, Senin, (22/7) pagi.

Ampera dalam sambutannya mengatakan, haji merupakan rukun islam yang kelima, ibadah haji adalah kegiatan berkunjung ke Baitullah (Ka’bah) untuk melakukan amalan-amalan ibadah sesuai dengan aturan syara dan dilakukan pada masa tertentu demi memenuhi panggilan Allah dan mengharap ridha-Nya.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah haji bagi umat Islam adalah sebagai gambaran miniatur Padang Mahsyar, dimana seluruh umat manusia berhadapan dengan sang Khalik, hal ini akan tergambar saat pelaksanaan salah satu rukun haji yaitu di padang Arafah.

“Atas nama pemerintah daerah, maupun pribadi dan seluruh masyarakat Bartim, kami senantiasa mendoakan saudara-saudara sekalian agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin, serta kesehatan selama melaksanakan ibadah haji ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima dan kembali ke tanah air dalam keadaan selamat,” ucapnya.

Sementara itu, ketua pelaksana panitia haji H Rusdianor mengatakan, jemaah calon haji yang akan diberangkatkan sebanyak 196 orang. Laki – laki 86 orang dan perempuan 110 orang.

“Ada 196 jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini menuju asrama haji Banjarbaru Kalimantan Selatan. disana jamaah calon haji akan mengikuti rangkaian tes kesehatan sebelum berangkat ke Arab Saudi,” ucapnya.

Pelepasan dan keberangkatan jamaah calon haji tersebut turut dihadiri Kapolres Bartim, Wakil Bupati Bartim, Ketua Pengadilan Bartim dan tamu undangan lainya.

Dari pantaun Metro7, nampak sebagian keluarga jemaah calon haji yang menghadiri pelepasan tersebut melambaikan tangan dan terlihat meneteskan air mata ke arah jamaah yang berada didalam bus.(metro7/budi).