BARITO TIMUR — Program Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) Kabupaten Barito Timur menurut rencananya bakal diluncurkan April mendatang. Dilaksanakannya launching program e-KTP Bartim tersebut menyusul sudah lengkapnya semua perangkat yang diperlukan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Alat tersebut sudah disebar di 10 kecamatan.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bartim, Theopilus mengatakan, peralatan dari pusat untuk pembuatan E-KTP telah diterima oleh  masing-masing kecamatan.
“Alat yang diadakan oleh konsorsium Jakarta sudah diterima pihak kecamatan dan persiapan telah dilakukan,” katanya.
Theopilus menjelaskan, peralatan yang sudah sampai di 10 kecamatan itu antara lain alat pemeriksaan iris mata, alat sidik jari, satu set komputer, kamera dan alat untuk membubuhkan tanda tangan. Sedangkan alat pendukung, berupa 10 generator listrik telah lebih dulu ada 2011 lalu.
Ditambahkannya, jaringan internet supaya bisa online juga sudah tersedia. Pada Maret ini, jelasnya, Disdukcapil akan melakukan pelatihan bagi operator untuk mengoperasikan peralatan pembuatan KTP elektronik itu.
Pelatihan menurut rencana bakal dipandu langsung instruktur dari pusat.
“Sebanyak 40 orang nantinya akan dilatih sebagai operator e-KTP dan setiap kecamatan akan dijaga oleh 4 petugas,” terangnya.
Setelah petugas-petugas e-KTP siap, akan dilankukan launching e-KTP pada April mendatang. Metro7/usy